Komodo Masuk ke Sebuah Rumah, Warga Langsung Geger dan Panik

Komodo Masuk ke Sebuah Rumah, Warga Langsung Geger dan Panik

Naviri Magazine - Pada Jumat, 28 Juni 2019, sekitar pukul 15.00 WITA, seorang warga melapor kepada aparat, karena menemukan seekor komodo dengan perilaku agresif, masuk ke sebuah bangunan toilet.

Laporan ini membuat gaduh kampung, sekaligus memberikan notifikasi kepada banyak pihak: di antaranya Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT Seksi Konservasi Wilayah III, aparat Pemkab Manggarai Timur, serta Yayasan Komodo Survival Program. Mereka semua segera merespons laporan, dan bergegas ke TKP, menyelamatkan si komodo.

Petugas berhasil mengamankan komodo, dengan mengikat mulut dan badannya, meskipun harus jungkir balik dahulu dalam arti yang sebenarnya. Setelah aman, komodo akhirnya dipindahkan. Beruntung, situasi segera terkendali sebelum ada yang jadi korban.

Banyak kasus anomali tingkah laku hewan semacam ini disebabkan oleh hilangnya habitat, atau kadang muncul insting memangsa ternak milik warga. Namun, hasil analisis BBKSDA mengatakan, komodo ini nyasar dengan alasan sedang dalam proses penjelajahan mencari pasangan.

“Musim kawinnya antara bulan Juni sampai Agustus. Kondisi biawak komodo masih agresif saat diamankan,” ujar Kepala BBKSDA NTT Timbul Batubara.

Komodo tersebut dibawa ke Pusat Informasi Komodo untuk diselidiki datanya oleh petugas BBKSDA didampingi Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olah Raga Kabupaten Manggarai Timur. Dari sana diketahui bahwa komodo dalam keadaan sehat, dengan panjang 2,25 meter, berat 33,8 kilogram, serta umurnya memasuki fase dewasa. Setelah pengambilan data selesai, komodo dilepaskan kembali di kawasan Pantai Watu Pajung.

"Pertimbangannya, di Watu Pajung merupakan habitat aslinya, dekat dengan pos pemantauan/pengamanan untuk memudahkan monitoring oleh petugas, dan dekat dengan sumber makanan," ungkap Timbul. Pelepasliaran ini wajib dilakukan, mengingat komodo adalah satwa yang dilindungi.

Related

World's Fact 6976574434466195860

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item