Mengenal Magma, Cairan Panas yang Tersimpan di Dasar Bumi

Mengenal Magma, Cairan Panas yang Tersimpan di Dasar Bumi

Naviri Magazine - Magma adalah cairan silikat kental yang memijar, terbentuk secara alamiah, dan bertemperatur tinggi antara 1.500 sampai 2.500 derajat Celsius, serta bersifat mobile (dapat bergerak), yang terdapat di kerak Bumi bagian bawah.

Dalam magma terdapat beberapa bahan yang larut, bersifat volatile (air, CO2, chlorine, fluorine, iron, sulphur, dan lain-lain) yang merupakan penyebab mobilitas magma, dan non-volatile (non-gas) yang merupakan pembentuk mineral yang lazim dijumpai dalam batuan beku.

Pada saat magma mengalami penurunan suhu akibat perjalanan ke permukaan bumi, maka mineral-mineral akan terbentuk. Peristiwa tersebut dikenal sebagai peristiwa penghabluran.

Mengenal Magma, Cairan Panas yang Tersimpan di Dasar Bumi

Apa yang disebut pegunungan lipatan?

Lempengan tanah yang saling bertabrakan pada kulit Bumi menimbulkan tekanan ke samping. Tekanan itu mengakibatkan lapisan batu-batuan yang rata di permukaan Bumi menjadi bergelombang, atau bahkan berlipat-lipat.

Lapisan raksasa yang terjadi seperti itulah yang disebut pegunungan lipatan, dan lipatan yang ke atas disebut sinklinal.

Pegunungan lipatan yang terbesar di dunia adalah pegunungan Himalaya.

Related

Science 2687109836079996431

Recent

item