Benarkah Mandi Setelah Begadang Mengakibatkan Kematian?

Benarkah Mandi Setelah Begadang Mengakibatkan Kematian?

Naviri Magazine - Pernahkah Anda mendengar bahwa mandi bisa menyebabkan kematian di saat-saat tertentu? Atau pernahkah Anda mendengar larangan untuk tidak mandi setelah begadang, karena dapat menyebabkan kematian? Menurut Anda, apakah larangan tersebut fakta atau mitos?

Mandi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap orang, umumnya 2 kali sehari. Bahkan ada beberapa orang yang mandi kapan pun saat dia merasa gerah atau lelah, karena mandi memberi rasa segar.

Lantas, bagaimana bila seseorang yang setelah begadang karena pekerjaan, langsung mandi untuk menyegarkan tubuh? Apakah tidak masalah, atauh benar bahwa hal tersebut dapat menyebabkan kematian?

Menurut dr. Kasim Rasjidi dari rumah sakit Asri Jakarta, mandi setelah begadang dan mengakibatkan kematian merupakan mitos belaka. Memang benar bahwa kebiasaan begadang terus menerus dapat meningkatkan risiko penyakit seperti jantung dan stroke.

Ia mengatakan bahwa orang yang sudah memiliki kondisi penyempitan pembuluh darah, baik di otak ataupun jantung, mandi dapat menyebabkan keadaan penguncupan bahkan penyumbatan, karena suhu dingin di tubuh saat mandi. Tapi tentu saja hanya terjadi pada kondisi tertentu, dan tidak bisa disamaratakan untuk setiap orang.

Sebenarnya, tidurlah yang memegang peranan penting. Karena kurang tidur akan menyebabkan penyakit seperti hipertensi, jantung, diabetes, dan lainnya.

Namun beberapa pendapat lainnya mengatakan bahwa larangan mengenai tidak bolehnya mandi setelah begadang karena dapat mengakibatkan kematian merupakan hal yang benar. Bayangkan saja, kondisi tubuh yang sudah melakukan aktivitas seharian, dan pada malam harinya harus istirahat masih dipaksa bekerja.

Tentu tubuh kita akan mengalami “panas” akibat kerja berlebihan dan tidak ada waktu istirahat. Bayangkan saja bila tubuh pada kondisi seperti itu, tiba-tiba langsung diberi air dingin dengan suhu yang berbeda dengan suhu tubuh. Adanya penurunan suhu tubuh secara drastis dan tiba-tiba, dikhawatirkan akan merusak kinerja tubuh dan mengakibatkan hal-hal fatal.

Related

Health 2864420491158814156

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item