Mengunjungi Taman Jepang yang Berisi Pohon-pohon Aneh

Mengunjungi Taman Jepang yang Berisi Pohon-pohon Aneh

Naviri Magazine - Taman Mito Municipal Botanical adalah taman milik Yayasan Pertanian Kota Mito, Perfektur Ibaraki, berlokasi dekat jalur JR Joban, Stasiun Akatsuka.

Yang paling menarik dari taman ini adalah banyak bunga dan buah yang dilestarikan dan bisa dilihat bebas, bukan hanya oleh warga Jepang, tetapi juga dari berbagai negara, sepanjang tahun. Hal ini dimungkinkan karena adanya rumah kaca yang terjaga dengan baik suhu udara dan kelembapannya.

Tak jauh dari pintu masuk, setelah kita membayar tiket masuk 300 yen per orang dan 150 yen untuk pelajar, kita bisa melihat kumpulan bunga seperti anggrek, yang langsung ke luar dari tanah.

Bunga yang ada di sana tampak seperti bunga plastik, padahal itu bunga asli. Bunga yang ada di sana juga banyak, langsung ke luar dari tanah. Biasanya, kita melihat ada akar, lalu batang pohon, tangkai, daun, dan bunga. Itulah Colchicum Autumnale, atau di Jepang disebut Inusafuran. Asalnya dari Afrika Utara dan Eropa, maupun Asia Barat.

Pengelompokan bunga di awal pintu masuk sangat indah, warna-warni, dan lucu-lucu bentuknya. Ada bunga warna hijau seperti kepompong, tapi dalamnya keluar seperti batangsari warna merah. Ada pula bunga dua warna, merah dan di dalamnya kuning, lalu tangkai bunga sari merah tua. Ada bunga seperti kembang sepatu, dan sebagainya.

Di dalam rumah kaca dengan suhu yang terjaga, seperti di negara tropis Indonesia, ada pula pohon pisang dan pohon nangka. Bagi orang Jepang, pohon nangka sangat aneh, langka, dan menjadi perhatian luar biasa para pengunjung.

Mereka tak pernah membayangkan sebelumnya kalau ada buah dengan sisik demikian hijau, tetapi dalamnya buah dengan daging berwarna kuning cerah indah. Sayangnya, buah-buah yang muncul di sana tidak boleh disantap. Kalau pun sudah matang dan jatuh, juga ditanam kembali agar dapat dikembangbiakkan di Jepang.

Selain taman dengan kebun bunga dan kebuh buah, ada pula panggung untuk pertunjukan serta toko bagi yang ingin membeli bunga, pohon, dan sebagainya.

Taman ini dibuka jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Tersedia tempat parkir gratis untuk 350 mobil. Dari penelusuran sejarah, taman ini sudah ada sejak 1.400 tahun lalu. Namun baru dikelola dengan baik sejak beberapa tahun terakhir. Luas taman sekitar 8 hektar.

Related

World's Fact 3113679958213984996

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item