Misteri 7 Sumber Mata Air yang Ajaib dan Menakjubkan

Misteri 7 Sumber Mata Air yang Ajaib dan Menakjubkan

Naviri Magazine - Manusia membutuhkan air untuk bertahan hidup. Karenanya, air menjadi hal penting yang selalu dibutuhkan manusia setiap hari. Untung, bumi menyediakan banyak air, baik untuk keperluan makan dan minum sampai untuk keperluan mencuci dan membersihkan badan.

Selain ada air asin yang tidak bisa dikonsumsi langsung, bumi menyediakan banyak air tawar. Air itu ada di sungai, air terjun, mata air yang memancar dari tanah, dan lain-lain. Terkait hal itu, berikut ini adalah 7 mata air yang dianggap ajaib dan menakjubkan.

Misteri 7 Sumber Mata Air yang Ajaib dan Menakjubkan

Mata air yang mengubah segala hal menjadi batu

Mata air ini ditemukan di tepi Sungai Nit, Neilsborg, Dorcaser utara, Inggris. Tak hanya tumbuhan, benda mati juga bisa menjadi batu apabila terkena air dari tempat ini.

Masyarakat lokal percaya kalau sumber mata air ini telah dikutuk oleh setan, sehingga setiap objek seperti daun, batang, bahkan unggas, bisa menjadi batu setelah beberapa bulan di sana. Untuk membuktikan hal itu, beberapa petualang meninggalkan barang mereka di sana.

Misteri 7 Sumber Mata Air yang Ajaib dan Menakjubkan

Sumber air panas raksasa di Wyoming

Kolam ini merupakan sumber air panas yang terletak di Wyoming, Amerika Serikat. Sumber air panas alami ini memiliki warna seperti pelangi, bagian tengahnya berwarna biru cerah, bagian luarnya hijau dan kuning, sementara sisi luarnya berwarna merah jingga.

Warna-warni itu terbentuk karena bakteri yang membentuk lapisan microbial di sekeliling danau. Suhu danau yang berubah-ubah juga mempengaruhi pigmen warna yang dihasilkan bakteri.

Saat musim panas, lapisan luar kolam cenderung berwarna oranye atau merah. Sedangkan saat musim dingin, warnanya akan berubah menjadi hijau gelap. Sementara warna air di bagian tengah danau berwarna biru jernih, karena di bagian tersebut suhunya sangat tinggi.

Misteri 7 Sumber Mata Air yang Ajaib dan Menakjubkan

Boiling Lake, danau air mendidih di Dominika

Boiling Lake atau danau mendidih terletak di Dominika. Jika biasanya danau memiliki air dingin, air danau di sini terkenal karena mendidih atau panas. Kepulan asap yang tebal akan terlihat dari kejauhan, ketika ingin menyambangi danau ini. Suhu air di danau ini berkisar antara 89–91 derajat Celcius.

Dengan keunikannya ini, Boiling Lake menjadi situs warisan dunia. Pada tahun 2007, seorang pembuat film bernama George Voronis berhasil menyeberangi danau mendidih ini. Seketika itu juga danau ini tersohor ke seluruh dunia.

Misteri 7 Sumber Mata Air yang Ajaib dan Menakjubkan

Yanar Bulaq, mata air ajaib yang bisa terbakar

Air dan api merupakan dua zat yang berlawanan, namun ternyata ada air yang bisa menyala jika terkena api. Inilah Yanar Bulaq, atau Burning Spring, yang terletak di Azerbaijan. Air mengalir dari pipa logam yang berdiri di sebuah paviliun kecil. Memang tak tampak aneh, namun ketika menyalakan korek api dan mendekatkannya pada air, seketika air ini akan terbakar.

Ternyata, hal itu terjadi karena air ini mengandung gas metana sangat tinggi, sehingga dapat mudah terbakar. Penduduk sekitar percaya bahwa air menakjubkan ini memiliki sifat perbaikan atau penyembuhan. Meskipun api masih menyala pada air ini, mereka sering mengambilnya untuk diminum.

Misteri 7 Sumber Mata Air yang Ajaib dan Menakjubkan

Chinoike Jigoku, kolam air neraka di Jepang

Chinoike Jigoku atau kolam air darah terletak di Jepang. Mata air panas ini adalah satu dari delapan sumber air panas terkenal yang bernama 8 Raka Bego. Namun Chinoike Jigoku memiliki keistimewaan, berupa air yang berwarna merah darah. Tak hanya airnya, uap yang keluar dari permukaan kolam pun berwarna kemerahan.

Air panas di kolam darah ini dipercaya memiliki khasiat kesehatan. Di sini pengunjung bisa membeli salep khusus yang terbuat dari tanah liat di sekitar kolam. Sumber air panas warna darah ini tercipta karena konsentrasi tinggi garam besi di daerah tersebut.

Misteri 7 Sumber Mata Air yang Ajaib dan Menakjubkan

Sumber air panas di pantai Selandia Baru

Selandia Baru dikenal memiliki banyak sumber air panas, namun yang paling unik adalah sumber air panas yang keluar di pantai timur Semenanjung Karamendel. Di pantai bernama Hot Water Beach ini terdapat sumber air panas alami.

Banyak orang berdatangan untuk berendam di sumber air panasnya. Mereka menggali pasir pantai untuk menampung air yang keluar dari permukaan bumi. Semakin dalam menggali, suhu yang didapat akan semakin hangat. Bahkan suhu tertinggi yang pernah tercatat adalah 64 derajat Celcius.

Misteri 7 Sumber Mata Air yang Ajaib dan Menakjubkan

Air terjun keramat yang menyembuhkan penyakit 

Air terjun Asik-Asik adalah sumber mata air ajaib yang terletak di kota Bato, Filipina. Air terjun ini sangat unik karena airnya tidak mengalir dari sungai dataran tinggi.

Di bukit yang terletak di atas air terjun ini tidak terdapat sungai atau mata air yang mengalir, sebagian tanahnya bahkan sudah dijadikan lahan pertanian. Tetapi entah bagaimana air terjun ini bisa mengalir dari retakan-retakan tepian tebing yang ditutupi tanaman hijau.

Jika dilihat sepintas, tampak seolah-olah air terjung keluar secara ajaib dari sela-sela tumbuhan. Sumber air terjun Asik-Asik ini pun masih misterius. Air terjun yang dibuka untuk umum pada tahun 2012 silam ini dianggap keramat oleh penduduk lokal. Mereka percaya, air terjun Asik-Asik memiliki khasiat penyembuhan.

Related

World's Fact 8188570328778870287

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item