Misteri Pedang Berusia 2000 Tahun yang Tak Pernah Berkarat

Misteri Pedang Berusia 2000 Tahun yang Tak Pernah Berkarat

Naviri Magazine - Pedang Goujian sudah melahirkan misteri bahkan sejak penemuannya kembali pada tahun 1965, di sebuah situs pemakaman kuno di China. Hasil pengujian para arkeolog memperkirakan umur pedang ini lebih dari 2.000 tahun. Walaupun begitu, pedang tersebut sama sekali tidak berkarat, bahkan masih menyimpan noda darah di ujungnya.

Studi lebih lanjut menyimpulkan bahwa pedang itu dulunya milik raja dinasti Yue, Goujian, dan diyakini sebagai pedang legendaris yang disebutkan dalam kitab The Lost History of Yue.

Menurut teks tersebut, pedang Raja Goujian ini dibuat istimewa, dengan mengerahkan kekuatan Langit dan Bumi.

Kenyataannya, pembuat pedang ini tampaknya telah menguasai teknik metalurgi yang sangat canggih pada masa itu, sehingga ia bisa membuat pedang dari bahan campuran logam yang antikarat, dengan sarung kedap udara yang memastikan pedang selalu berada dalam ruang hampa, sehingga memungkinkan pencegahan terhadap oksidasi yang bisa menimbulkan karat.

Related

World's Fact 5274787786546253830

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item