Penemuan yang Menjadi Misteri Ilmiah Paling Aneh di Dunia

Penemuan yang Menjadi Misteri Ilmiah Paling Aneh di Dunia

Naviri Magazine - Ketika salah seorang pakar geologi secara tidak sengaja menemukan sebuah gundukan besar 65 tahun yang lalu, ia tidak menyangka penemuannya akan memicu salah satu misteri ilmiah teraneh di dunia.

Di sebuah situs di Irkutsk, Siberia, yang ditemukan pada tahun 1949, terdapat sebuah struktur tanah berbentuk kerucut cembung besar, dengan bentuk corong dan bukit bulat di tengahnya, yang tampak seperti sarang elang dengan telur terletak di dalamnya.

Seperti diberitakan laman Daily Mail, asal usul kawah yang disebut Patomskiy ini telah membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade, dan teori-teori untuk keberadaannya telah bermunculan, mulai dari ledakan nuklir hingga tambang gulag rahasia, dan bahkan hantaman meteorit.

Teori yang banyak dianut saat ini adalah situs itu memang diciptakan oleh hantaman meteorit, namun tidak ditemukan bukti untuk mendukung teori ini.

Kerucut ini tingginya 80 meter, dan memiliki diameter terlebar 150 meter, dan kedalaman lingkaran paritnya sekitar 10 meter.

Patomskiy (diambil dari nama sungai terdekat) ditemukan oleh seorang ahli geologi bernama Vadim Kolpakov. Sampai saat ini belum ada yang bisa menjelaskan asal-usul bentuk aneh itu.

Related

World's Fact 1833409052672054748

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item