Ini 12 Peninggalan Sejarah Paling Misterius di Dunia (Bagian 1)

Ini 12 Peninggalan Sejarah Paling Misterius di Dunia

Naviri Magazine - Stonehenge adalah monumen batu yang berasal dari zaman kuno, yang sampai saat ini masih berdiri dan masih bisa dilihat. Monumen itu terdiri dari batu-batu besar, bahkan tergolong berukuran raksasa.

Yang menjadi pertanyaan orang zaman sekarang adalah, bagaimana orang-orang zaman dulu bisa memindahkan batu-batu berukuran luar biasa besar itu? Dengan alat atau sarana apa?

Stonehenge hanya satu di antara di banyak tinggalan sejarah lain yang juga misterius karena sulit dipahami orang-orang zaman sekarang. Berikut ini adalah 12 di antaranya.

Ini 12 Peninggalan Sejarah Paling Misterius di Dunia

Monumen petunjuk Hari Kiamat (Amerika Serikat)

Di sebuah bukit kecil di timur laut tandus daerah Hartwell, Georgia, AS, berdiri monumen paling aneh dan misterius di dunia. Namun, melihat arsitektur bangunannya, monumen itu tidak diciptakan pada zaman kuno.

Dikenal sebagai ‘Georgia Guidestones’, lima struktur batu itu tingginya16 kaki, dengan berat 20 ton.

Memiliki empat pilar batu granit persegi panjang ke atas, masing-masing pilar dipahat instruksi dan petunjuk dari delapan “bahasa kebudayaan terbesar”, di antaranya bahasa hieroglif dari Arab, Cina, Rusia, Inggris, Spanyol, Hindi, Hebrew, dan Swahili, dengan instruksi agar manusia yang selamat dari bencana besar dapat membangun kembali peradaban baru di Bumi, dan sama sekali tidak meninggalkan serta melupakan sejarah para leluhur.

Ini 12 Peninggalan Sejarah Paling Misterius di Dunia

Danau Michigan Stonehenge (Amerika Serikat)

Awalnya, sekelompok peneliti menggunakan sonar untuk mencari bangkai kapal di dasar Danau Michigan, namun hasil yang didapat sungguh mengejutkan. Mereka justru menemukan struktur mirip Stonehenge kuno setinggi 40 kaki, di bawah permukaan air dekat Beaver Island.

Sebagian batu tersebut dalam suatu lingkaran, dan satu muncul untuk menunjukkan ukiran suatu Mastodon.

Diduga, benda purbakala ini dibangun 10.000 tahun lalu, kemungkinan bertepatan dengan pasca Zaman Es, kehadiran manusia, dan mastodon. Jadilah di daerah Michigan di Amerika sudah memiliki situs Petroglyph dan batu berdiri.

Ini 12 Peninggalan Sejarah Paling Misterius di Dunia

Yonaguni, reruntuhan peradaban bawah laut (Jepang)

Di pantai selatan pulau Yonaguni, Jepang, terdapat reruntuhan yang terendam, diperkirakan telah berusia sekitar 8.000 tahun. Reruntuhan di bawah laut ini dikenal dengan nama Yonaguni Monument Underwater Ruins.

Meskipun sebagian orang percaya bahwa itu merupakan kreasi alam, namun sekarang muncul suara-suara yang menyebut itu buatan manusia.

Hal itu terlihat dari susunan tangga yang rumit, ukiran-ukiran yang ada di sana yang diyakini sebagai buatan manusia. Situs ini ditemukan pada 1995 oleh seorang penyelam yang tersasar terlalu jauh dari pantai Okinawa. Kebetulan, dia membawa kamera untuk memotret bawah laut.

Kejaiban bawah laut Alexandria (Mesir)

Reruntuhan ini dipercaya merupakan kota Alexander Agung, di mana istana Cleopatra berada. Tenggelamnya kota itu diperkirakan terjadi 1.500 tahun lalu, akibat gempa bumi dahsyat.

Bersamaan dengan terbenamnya istana itu, tenggelam juga artefak-artefak yang menghiasi istana, serta bangunan-bangunan lain dari istana Cleopatra.

Reruntuhan kota yang ditemukan di dasar laut ini memang sengaja tidak diangkat ke daratan. Pemerintah setempat berencana akan menjadikan lokasi reruntuhan ajaib di bawah laut itu sebagai wisata air.

Ini 12 Peninggalan Sejarah Paling Misterius di Dunia

Misteri Stones Baalbek (Lebanon)

Kuil Romawi yang terbesar, yang pernah dibangun dan kini tinggal reruntuhannya, sebenarnya bukan di Yunani atau Roma, tapi justru di Baalbek, Lebanon. Kuil Romawi bernama Stone Baalbek itu dihancurkan oleh Kaisar Bizantium, Theodosius, namun tidak semua bagian musnah.

Masih ada 6 dari 54 kolom, yang masih berdiri hingga kini. Enam kolom ini menjadi saksi sejarah dan meninggalkan jejak mistri yang menunggu diungkap.

Meskipun sisa-sisa kemegahan kuil ini masih terlihat jelas, namun sebenarnya kuil ini sempat terbengkalai akibat perang. Selama beberapa dekade, jarang sekali wisatawan berkunjung ke tempat ini akibat perang. Untungnya juga, perang tidak sampai menghancurkan kuil bersejarah ini.

Ini 12 Peninggalan Sejarah Paling Misterius di Dunia

Tiga lingkaran batu kuno Megalithic “Göbekli Tepe” (Turki)

Di selatan Turki, tepat di utara perbatasan dengan Suriah, terdapat tiga lingkaran batu megalitik berusia ribuan tahun, lebih tua daripada batu lingkaran Stonehenge. Anehnya, lingkaran-lingkaran batu kuno ini dibangun oleh kelompok pemburu pada masa itu.

Sebelumnya, dipercaya bahwa manusia purba tidak mungkin bisa membuat bangunan itu, sampai mereka mencapai taraf kemajuan tertentu.

Ketika ditemukan, lingkaran batu itu dalam keadaan terkubur. Tak ada yang tahu apa alasan atau latar belakang kenapa benda itu terkubur. Namun sebagian orang percaya bahwa Göbekli Tepe dan wilayah sekitarnya adalah awal sejarah manusia, yakni lokasi Taman Eden.

Baca lanjutannya: Ini 12 Peninggalan Sejarah Paling Misterius di Dunia (Bagian 2)

Related

World's Fact 2063442902702794549

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item