Ini 5 Peristiwa Pengeboman Paling Menggemparkan di Dunia

Ini 5 Peristiwa Pengeboman Paling Menggemparkan di Dunia

Naviri Magazine - Aksi terorisme membuat resah banyak negara akhir-akhir ini, khususnya setelah peledakan menara kembar WTC di Amerika Serikat. Belakangan, setelah hancurnya WTC, berbagai peristiwa serupa terjadi di berbagai negara, dengan modus peledakan bom. Indonesia bahkan menjadi salah satu negara yang pernah mengalami peristiwa kelam tersebut, ketika terjadi peristiwa pengeboman di Bali.

Melansir dari situs Wonderlist, berikut adalah lima peristiwa pengeboman yang paling menggemparkan di dunia pada abad 20.

World Trade Center, Amerika Serikat

Tentu kita tidak lupa pada peristiwa yang menimpa negara adidaya ini pada tahun 2001, ketika terjadi serangan bom oleh sekelompok teroris.

Peristiwa pemboman ini sangat fenomenal, karena menyebabkan dua menara kembar WTC runtuh dan menyebabkan 3.000 orang tewas. Awal mula peristiwa ini adalah pembajakan pesawat yang lalu ditabrakan ke menara kembar WTC.

Bom Bali, 2002

Warga Indonesia tidak bisa melupakan salah satu peristiwa pemboman yang terjadi di salah satu pulau di Indonesia, yaitu Bali, yang terkenal dengan objek wisatanya.

Peristiwa ini terjadi pada malam 12 oktober 2002, dengan 2 ledakan besar yang menyebabkan 202 orang meninggal dan 200 lebih luka-luka. Lagi-lagi, peristiwa ini disebabkan oleh sekelompok teroris.

Pemboman Madrid, 2004

Peritiwa pemboman ini terjadi pada 11 Maret 2004, tiga hari sebelum pemilu di Spanyol. Aksi ini dilakukan oleh teroris yang disebut-sebut terinspirasi kelompok Al-Qaeda, kelompok teroris terkenal di dunia. Bom tersebut diledakkan di sistem kereta di kota Madrid, dan menyebabkan 191 orang meninggal, dan lainnya luka-luka.

Bom Mumbai, 2008

Tepat pada 26 November 2008, Mumbai mengalami krisis dimana terdapat kelompok radikal yang melakukan penyerangan dan teror bom di kota Mumbai, India.

Kelompok itu bahkan menyendera orang-orang yang berada di Taj Mahal dan di hotel Oberoi Trident. Akibat aksi yang dilakukan kelompok radikal ini, terdapat 164 orang tewas dan lebih dari 300 orang mengalami luka-luka.

Aksi pemboman Paris, 2015

Aksi pemboman yang terjadi di Paris merupakan salah satu pemboman fenomenal di dunia. Aksi pemboman pada 13 November 2015 ini menyebabkan kurang lebih 100 orang tewas. Sebelum aksi pemboman yang dilakukan oleh sekelompok teroris ini, disebutkan adanya peritiwa penembakan.

Related

World's Fact 2166134380643481575

Recent

item