Di Norwegia, Ada Perpustakaan yang Dibangun di Atas Perahu

Di Norwegia, Ada Perpustakaan yang Dibangun di Atas Perahu

Naviri Magazine - Konsep perpustakaan ini mirip dengan Biblioburrow yang dirintis Luis Soriano di Kolombia, mendistribusikan buku kepada para pembaca yang tidak punya akses ke perpustakaan dengan sumber daya seadanya.

Kalau Soriano memanfaatkan keledai, perpustakaan ini menggunakan perahu sebagai sarana untuk mendistribusikan buku kepada warga Norwegia yang tinggal di fjord (pulau-pulau kecil dengan karakteristik tebing curam dan salju di Norwegia) terpencil.

Perahu bernama Epos ini mengirimkan buku ke lebih dari 250 komunitas kecil di berbagai fjord setiap tahun, terutama ketika musim dingin tiba antara bulan September sampai April. Layanan ini dimulai pada tahun 1959, didanai oleh perpustakaan umum di 3 daerah.

Kapal ini memiliki koleksi sekitar 6.000 buku, seorang nakhoda, koki, beberapa pustakawan, dan satu penghibur. Pada musim panas, perpustakaan terapung tersebut difungsikan menjadi kapal penumpang untuk tujuan wisata pelayaran.

Related

World's Fact 8040098362683155302

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item