Mana Lebih Baik, Punya Satu Teman atau Punya Banyak Teman?

Mana Lebih Baik, Punya Satu Teman atau Punya Banyak Teman?

Naviri Magazine - Apakah bagus mementingkan satu teman saja? Psikoterapis dan konselor Samantha de Bono mengatakan, semuanya tergantung seperti apa sahabatnya.

"Sama seperti hubungan percintaan, kita memilih sendiri orang yang ingin dijadikan teman. Sehat atau tidaknya hubungan pertemanan tergantung pada kesejahteraan emosional kita," ujarnya.

Memiliki hubungan pertemanan yang tak sehat menandakan cara kita memandang diri sendiri. "Mereka yang suka menyenangkan orang lain biasanya tanpa sadar memilih teman atau pasangan narsis."

Itu artinya konsep persahabatan masih relevan di zaman modern. Gen-Z berpikiran maju, tapi mereka juga memiliki kebiasaan mengkontekstualisasi ulang masa lalu.

Chloe Combi pernah menulis tentang ini dalam buku Generation Z: Their Voices, Their Lives. Dia percaya anak muda saat ini masih tertarik dengan gagasan punya sahabat yang bisa selalu diandalkan.

"Cara kita berkelompok dan fungsi teman telah berubah total sejak lima hingga 10 tahun lalu,” ujarnya, “Tetapi ada satu hal yang sampai saat ini masih disukai [Gen Z] dalam peran dan simbol sahabat karib."

Mana Lebih Baik, Punya Satu Teman atau Punya Banyak Teman?

Mengumpulkan teman sebanyak-banyaknya mungkin hanya sekadar konsekuensi dari kecemasan modern. Tujuannya agar kita masih punya kenalan jika seandainya sahabat meninggalkan kita. Tetapi, tak ada yang pasti sekarang—bahkan dalam hal persahabatan sekalipun.

Di dunia yang penuh kesengsaraan dan pertengkaran seperti sekarang, bukankah lebih baik kalau kita berteman dekat dengan ratusan orang? Dengan begitu, kamu dikelilingi oleh berbagai teman internet tanpa perlu khawatir tidak bisa mengandalkan satu orang saja. Kamu bahkan bisa menjalin persahabatan yang lebih besar cakupannya jika punya banyak teman.

Related

Psychology 8874604433210289432

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item