Shigeru Ono, Tentara Jepang yang Telanjur Cinta pada Indonesia

Shigeru Ono, Tentara Jepang yang Telanjur Cinta pada Indonesia

Naviri Magazine - Ketika Perang Dunia II usai, Jepang yang berada di pihak kalah harus segera mengungsikan para pasukannya di negara-negara jajahan, termasuk yang di Indonesia.

Namun menariknya, ternyata tak semua mau kembali ke Jepang. Beberapa justru ingin menetap dan membantu rakyat Indonesia memperjuangkan kemerdekaan. Salah satu dari banyak prajurit Jepang memutuskan untuk tinggal adalah Shigeru Ono.

Bergabungnya Ono dengan TNI adalah sebuah berkah. Ia merupakan pejuang militan yang tak kenal takut. Bahkan ia sampai kehilangan sebelah tangannya, namun hal tersebut tak menghentikan perjuangannya membela Indonesia. Setelah perang usai, Ono pun tetap tinggal di Indonesia, dan menikahi wanita pribumi.

Namun, belakangan Ono mengungkapkan kekesalannya dengan negara ini. Ya, kasus korupsi yang menggila membuat ia muak. Ono bahkan merasa perjuangannya sama sekali sia-sia.

Meskipun begitu, ia tetap berharap banyak. “Indonesia itu maju, lebih kuat, secara internasional, itu harapan,” ungkap Ono ketika ditanya tentang harapannya untuk bangsa ini.

Related

History 8691929937913864683

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item