Smartphone Telah Menjadi Masalah Terbesar Manusia Abad 21

Smartphone Telah Menjadi Masalah Terbesar Manusia Abad 21

Naviri Magazine - Smartphone memberi banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan teknologinya, kita bisa terhubung dengan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Hiburan berupa video, musik, games, internet, dan lainnya, menjauhkan manusia dari rasa bosan. Ironisnya, yang jauh jadi dekat, yang dekat malah jadi jauh.

Jika perusahaan komunikasi menekankan apa yang bisa dilakukan dengan teknologi smartphone, apa yang dilakukan Ogilvy Communications justru sangat berbeda. Mereka menunjukkan betapa smartphone sudah mengubah manusia dan menjadi sebagian dari masalah hidup mereka.

Smartphone membentengi orang tua masa kini dengan anak

Kebanyakan orang berpikir bahwa saat anak bermain, mereka bisa ditinggalkan bermain sendirian. Sementara itu orang tua bisa mengasuh sambil sibuk dengan smartphone mereka, mulai dari browsing, belanja, chatting, dan sejenisnya.

Padahal justru saat anak bermain, ada baiknya orang tua ikut menemani dan bermain bersama mereka, untuk mempererat hubungan orangtua dan anak.

Smartphone di meja makan

Meja makan seharusnya bersuasana hangat dan ceria. Di tempat inilah seharusnya keluarga berkumpul sambil makan bersama, dan saling bertukar cerita tentang pengalaman masing-masing anggota keluarga.

Lewat acara makan bersama inilah, keluarga tetap bisa terhubung setiap hari, meski di jam lain mereka sibuk dengan pekerjaan atau sekolah. Namun hal ini akan terhalang jika salah satu terlalu sibuk dengan gadget mereka.

Ini tak hanya terjadi di meja makan keluarga, bahkan sekarang duduk satu meja di cafe bersama sekumpulan teman pun sibuk dengan gadget-nya sendiri-sendiri.

Mengganggu aktivitas tidur

Sebelum tidur seharusnya menjadi momen yang hangat dan dekat dengan pasangan. Sebelum tidur, pasangan bisa bercerita, sekadar ngobrol, atau curhat tentang masalah yang tadi dialami. Tapi jika sibuk dengan smartphone, justru kita kehilangan momen kehangatan dan keakraban bersama pasangan.

Smartphone memang seharusnya bertujuan membantu manusia. Tapi jika digunakan berlebihan, maka kita sendiri yang akan kehilangan hal yang seharusnya lebih baik. Dengan slogan “The more you connect, the less you connect” (semakin kamu terhubung, kamu semakin tidak terhubung), kita benar-benar diajak berpikir tentang hubungan kita dengan orang lain.

Related

Technology 1833746342712282577

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item