Di Kenya, Unta Menjadi Petugas Perpustakaan yang Mengantar Buku

Di Kenya, Unta Menjadi Petugas Perpustakaan yang Mengantar Buku

Naviri Magazine - Di Kenya, para unta berjasa mengantarkan sumber bacaan kepada masyarakat. Unta-unta ini mengenakan tas yang kedua sisinya penuh berisi buku, dan kemudian melakukan perjalanan bersama para pustakawan melintasi padang pasir yang tandus.

Unta-unta ini kemudian mampir ke komunitas-komunitas nomaden di gurun pasir, untuk meminjamkan buku kepada anak-anak atau orang dewasa.

Program ini dirintis oleh Kenya National Library Service pada tahun 1985, untuk menanggulangi tingkat buta huruf di kalangan warga Kenya yang hidup secara nomaden, sebab kurangnya akses terhadap pendidikan dan sumber bacaan. Sejauh ini, program tersebut sudah melayani antara 5.000 hingga 6.000 pelanggan.

Menyusul kesuksesan program tersebut, mulai banyak pihak yang meminta agar cakupan program ini diperluas ke daerah-daerah lain. Tetapi kurangnya jumlah unta jantan yang tersedia menyebabkan rencana tersebut belum bisa terealisasi dalam waktu dekat.

Related

World's Fact 3146575111806596451

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item