Virus Mers, Virus Baru yang Membuat Dunia Ketakutan

Virus Mers, Virus Baru yang Membuat Dunia Ketakutan

Naviri Magazine - Mers, singkatan Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus, adalah penyakit yang ditimbulkan oleh virus corona, yang diduga masih berhubungan dengan virus penyebab penyakit SARS. Virus ini tergolong baru, karena kasusnya baru ditemukan pertama kali pada tahun 2012 di Arab Saudi.

Meski di Indonesia belum memakan korban jiwa, namun beberapa negara di Asia sudah cukup “ketakutan” oleh virus ini, seperti di negara Arab Saudi dan Korea Selatan serta beberapa negara di luar Asia, juga telah melaporkan adanya kasus tersebut di negaranya.

Beberapa peneliti mengatakan bahwa hewan pembawa virus ini adalah unta dan kelelawar, karena ditemukan adanya antibodi terhadap virus ini. Sedangkan penularan dari hewan ke manusia masih diteliti.

Virus ini belum ditemukan vaksin untuk mengatasinya. Virus yang diduga memiliki tingkat replikasi cepat ini menimbulkan penyakit pernapasan yang ditandai dengan gejala umumnya radang paru dan diare. Fatalnya penyakit ini mampu membuat pasien gagal bernapas, sehingga diperlukan alat bantu napas.

Selain itu, kegagalan organ seperti gagal ginjal dan penurunan tekanan darah drastis juga dilaporkan terjadi pada beberapa pasien. Untuk saat ini, pengobatan dilakukan untuk penanganan komplikasi yang ditimbulkan oleh penyakit ini, serta karantina untuk mencegah penyakit ini menjadi wabah.

Related

Science 7346848893080332005

Recent

item