Welin Kusuma, Orang Indonesia yang Punya 32 Gelar Akademik

Welin Kusuma, Orang Indonesia yang Punya 32 Gelar Akademik

Naviri Magazine - Welin Kusuma memiliki 32 gelar akademik dan nonakademik, yang membuat nama lengkap pria Makassar kelahiran 8 Maret 1981 ini menjadi sangat panjang. Begini penulisan namanya, bila semua gelar akademik itu ditulis lengkap:

Welin Kusuma, S.T., S.E., S.Sos., S.H, S.Kom., S.S., S.Ap., S.Stat., S.Akt., S.I.Kom., S.I.P., M.T., M.S.M., M.Kn., RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, Aff.WM, BKP, QWP, CPHR, ICPM, AEPP, CBA, CMA, CPMA, CIBA, CBV, CERA, CSA, ACPA.

Iya, 32 gelar! Berkuliah dari kampus ke kampus sejak 1999, Welin punya kiat supaya kuliah berulang kali, dengan bidang studi berbeda-beda, tak pernah membosankan baginya.

"Kuliah bagi saya adalah hobi, jadi bener-bener saya menikmati kuliah tersebut. Karena saya yakin, dengan berkuliah itu, saya akan mendapatkan banyak pengetahuan baru yang akan beguna bagi kehidupan saya, baik sekarang maupun di kemudian hari," ujar Welin kepada media.

Kalau diperiksa lagi, sederet gelar itu bukan semata yang didapat lewat kuliah, mencakup pula sertifikasi keahlian atau, dalam bahasa Welin, termasuk yang kategorinya “pendidikan profesi”. Total, Welin mengklaim punya 11 gelar sarjana, 3 gelar master, dan 18 gelar pendidikan profesi.

Selain Welin, dosen Universitas Tarumanagara, bernama Yenita, turut viral karena punya 13 gelar akademik di usia 39 tahun. Semua gelar itu terdiri dari satu gelar S-1, 10 gelar S-2, dan 2 gelar S-3. Jelas masih kalah jauh dari Welin.

Perjalanan pendidikan Welin dimulai ketika masih berusia 18 tahun, saat ia menempuh pendidikan Teknik Industri di Universitas Surabaya. Dua tahun berselang, ia mulai nyambi sekolah lagi di STIE Urip Sumohardjo, Universitas Airlangga, Sekolah Tinggi Teknik Surabaya, Universitas Kristen Petra, dan Universitas Terbuka.

Saat ditanya bagaimana caranya mengatur waktu, Welin mengaku pernah mengambil dua jurusan pada pagi dan siang, satu jurusan pada sore dan malam, satu jurusan di akhir pekan, dan satu jurusan di universitas terbuka tanpa kuliah tatap muka.

Pada April 2012, Welin pernah diganjar rekor MURI, sebagai pemegang gelar multidisiplin terbanyak di Indonesia, karena mengoleksi 18 gelar akademik saat masih berusia 31 tahun. Ia juga mendapatkan penghargaan MURI kedua, karena mengambil 111 SKS dalam satu semester. SKS sebanyak itu umumnya diselesaikan mahasiswa normal dalam 4 sampai 5 semester. Oh, dan tentu saja Welin mempunyai halaman Wikipedia-nya sendiri.

Pada 2017, Welin diwawancarai Deddy Corbuzier di talkshow Hitam Putih. Di acara itu, Welin mengaku bisa memakai semua ilmunya dalam setiap pekerjaan, sehingga tidak ada ilmu yang terbuang.

Welin tercatat sebagai analis di PT HM Sampoerna Tbk., konsultan pajak PT Sentra Asia Gemilang, dan konsultan pengembangan bisnis ABN Amro Bank. Ia mendirikan pula Kantor Konsultan Pajak Welin Kusuma sejak April 2019, karena cita-citanya menjadi konsultan terintegrasi.

"Konsultan yang bisa menyelesaikan beberapa permasalahan bisnis yang terkait. Jadi, mulai dari konsultan pajak [hingga nanti ke yang lain]. Di konsultan pajak pun saya punya izin resmi dari Dirjen Pajak, dengan tingkatan level C untuk perpajakan internasional," ujar Welin dalam acara bincang-bincang Hitam Putih, menjelaskan makna konsultan integrasi.

Meski mengaku akan terus berkuliah demi menambah gelar-gelar yang lain, perjalanan Welin masih panjang untuk menyamai seorang profesor asal India, Profesor V.N. Parthiban. Parthiban konon memiliki 145 gelar akademik. Semua ditempuh sepanjang 30 tahun karir pendidikan akademisnya.

"Saya sangat menyukai belajar. Kuliah tidak susah sama sekali. Saya terus menjalani proses mempersiapkan ujian, dan mendaftarkan diri untuk gelar baru atau diploma," ujar Parthiban, dilansir dari India Times. Saat ditanya apa mata pelajaran yang ia tidak sukai, jawaban Parthiban adalah Matematika.

Related

Figures 7084569817528140274

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item