Great Barrier Reef, Terumbu Karang Terbesar di Dunia

 Great Barrier Reef, Terumbu Karang Terbesar di Dunia

Naviri Magazine - Terumbu karang terbesar di dunia adalah Great Barrier Reef, yang memiliki sekitar 3.000 terumbu individu dan 900 pulau-pulau peregangan sejauh lebih dari 2.600 kilometer dari total luas area yang dimiliki Great Barrier Reef, yaitu sekitar 344.400 kilometer persegi.

Taman terumbu karang itu terletak di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia, hingga masuk ke perairan Papua Nugini.

Great Barrier Reef merupakan struktur tunggal terbesar susunan karang pembatas menakjubkan yang dibuat oleh makhluk hidup, yang juga disebut sebagai organisme tunggal terbesar di dunia. Pada tahun 1981, UNESCO memilih Great Barrier Reef sebagai salah satu Situs Warisan Dunia.

Sebagian besar wilayah karang yang indah itu termasuk bagian yang dilindungi oleh Great Barrier Reef Marine Park. Karena kekayaan biodiversitasnya, juga karena perairannya yang hangat dan jernih, menjadikan tempat itu sebagai tujuan pariwisata yang sangat populer, terutama bagi para penyelam scuba.

Beberapa ilmuwan Australia bahkan menyatakan telah menemukan kehidupan laut prasejarah yang aneh pada ratusan kilometer di bawah Great Barrier Reef.

 Great Barrier Reef, Terumbu Karang Terbesar di Dunia

Related

World's Fact 700978497774656479

Recent

item