Hati-hati, 24 Aplikasi Ini Ternyata Disusupi Virus Jahat dan Berbahaya

Hati-hati, 24 Aplikasi Ini Ternyata Disusupi Virus Jahat dan Berbahaya

Naviri Magazine - Pengguna ponsel Android di tanah air ada baiknya berhati-hati. Pasalnya, ditemukan virus malware jahat yang mencuri data di ponsel, yang diberi nama Joker, yang menjangkiti aplikasi Android.

Malware ini ditemukan oleh lembaga riset keamanan siber CSIS Security, dan sudah menyusup di lusinan aplikasi yang terdapat di Play Store, yang sudah sudah diunduh hingga 472.000 kali, seperti dikutip dari SC Magazine.

Malware ini diberi nama Joker, dan mampu mencuri pesan SMS, daftar kontak, dan informasi perangkat korban. Malware ini secara diam-diam terkomunikasi dengan situs web iklan, guna menghasilkan klik palsu, dan mendapatkan perangkat korban dengan layanan premium yang merugikan korban.

Analis CSIS, Aleksejs Kuprins, dalam blognya menulis, joker hanya mengunduh muatan berbahaya jika ponsel menggunakan SIM dari 37 negara. Salah satunya adalah Indonesia. Lainnya, Australia, Austria, Belgia, Brasil, Cina, Siprus, Mesir, Prancis, Jerman, Ghana, Yunani, Honduras, India, Irlandia, Italia, Kuwait, Malaysia dan Myanmar.

Berikutnya, Belanda, Norwegia, Norwegia , Polandia, Portugal, Qatar, Republik Argentina, Serbia, Singapura, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Thailand, Turki, Ukraina, Uni Emirat Arab, Inggris, dan AS.

Analis malware CSIS Security, Aleksejs Kuprins, mengatakan Google mengetahui aplikasi jahat itu dan telah menghapuskannya dari Play Store. Tercatat ada 24 aplikasi berisi malware Joker tersebut yang terdeteksi Google, dan telah dihapus.

Berikut daftar 24 aplikasi yang terjangkit malware Joker dan sudah dihapus Google, seperti dikutip dari DigitalTrends:
  1. Advocate Wallpaper
  2. Age Face
  3. Altar Message
  4. Antivirus Security - Security Scan
  5. Beach Camera
  6. Board picture editing
  7. Certain Wallpaper
  8. Climate SMS
  9. Collate Face Scanner
  10. Cute Camera
  11. Dazzle Wallpaper
  12. Declare Message
  13. Display Camera
  14. Great VPN
  15. Humour Camera
  16. Ignite Clean
  17. Leaf Face Scanner
  18. Mini Camera
  19. Print Plant scan
  20. Rapid Face Scanner
  21. Reward Clean
  22. Ruddy SMS
  23. Soby Camera
  24. Spark Wallpaper
Dihapus dari Play Store bukan berarti ponsel kamu akan aman dari malware Joker. Malware ini masih bisa beraksi jika aplikasi di atas masih terpasang di ponselmu. Jadi lebih baik aplikasi tersebut dihapus dari ponsel.

Selain itu, perhatikan tagihan kartu kredit, apakah ada tagihan dari aplikasi yang tidak pernah dilakukan. Pengguna ponsel Android harus juga memperhatikan permintaan izin dari aplikasi, ketika akan menginstal aplikasi. Bila merasa data seharusnya tidak perlu dibagikan, lebih baik untuk tak menginstal dan memberi izin.

Related

Smartphone 3075282544336801487

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item