Ini 5 Hoax Legendaris yang Paling Berpengaruh di Dunia

Ini 5 Hoax Legendaris yang Paling Berpengaruh di Dunia

Naviri Magazine - Hoax adalah kebohongan atau rekayasa yang sengaja diproduksi untuk membohongi orang-orang lain secara luas. Motivasi pembuatan hoax bisa macam-macam. Bisa karena materi atau keuntungan, bisa karena alasan politis, sampai bisa karena alasan remeh seperti ingin menarik perhatian banyak orang dengan sesuatu yang spektakuler.

Ironisnya, beberapa hoax menjadi sangat terkenal, bahkan ikut mempengaruhi salah satu jalan sejarah. Ketika hoax itu diproduksi, masyarakat pada zamannya benar-benar percaya, dan belakangan hoax itu terus diwariskan hingga dipercaya lebih banyak orang. Berikut ini lima di antaranya.

Ini 5 Hoax Legendaris yang Paling Berpengaruh di Dunia

Foto-foto Loch Ness 

Legenda kuno Skotlandia bercerita tentang ular laut raksasa, yang hidup di perairan Loch Ness. Pada tahun 1934, Kolonel Robert Wilson yang sangat terhormat (ahli bedah Inggris), mengatakan bahwa ia melihat sesuatu bergerak di dalam air, dan mengambil gambar peristiwa itu.

Tidak sampai tahun 1994, sebelum kematiannya, Spurling Kristen (pada usia 90), mengaku ia terlibat dalam komplotan, bersama Wetherell dan Kolonel Wilson, untuk menciptakan foto yang sensasional.

Rupanya, motif Wetherell adalah balas dendam, karena tahun sebelumnya ia merasa malu ketika jejak kaki raksasa yang ia temukan hanyalah jejak kuda nil.

Ini 5 Hoax Legendaris yang Paling Berpengaruh di Dunia

Buku harian $6 juta dolar Hitler

Pada 22 April 1983, majalah Jerman, Der Stern, mengumumkan bahwa mereka telah menemukan memorabilia Nazi terbesar sepanjang masa; buku harian yang disimpan oleh Adolf Hitler. Dan ini bukan hanya satu jurnal tipis.

Pihak majalah membayar memorabilia tersebut sebesar 10 juta mark Jerman ($6 juta pada waktu itu) untuk enam puluh buku kecil, juga dua "masalah khusus" tentang 'penerbangan Rudolf Hess ke Inggris’, selama periode 1932-1945.

Namun, dalam waktu dua minggu, diary-diary Hitler ditetapkan sebagai "kepalsuan besar" yang dibuat menggunakan kertas dan tinta modern, serta penuh ketidakakuratan sejarah.

Ini 5 Hoax Legendaris yang Paling Berpengaruh di Dunia

Rencana Yahudi menguasai dunia

Protokol dari Tetua Zion adalah teks yang menggambarkan rencana untuk mencapai dominasi dunia oleh orang Yahudi. Setelah terbitan pertama pada tahun 1903 di Kekaisaran Rusia, sejumlah investigasi independen telah menunjukkan bahwa itu adalah dokumen tipuan.

Utamanya, serangkaian artikel yang dicetak dalam The Times of London pada tahun 1921 mengungkapkan bahwa sebagian besar bahan langsung dijiplak dari karya sebelumnya, oleh seorang satire politik yang sama sekali tidak terkait dengan orang Yahudi.

Idaho, negara bagian AS 

Idaho mungkin satu-satunya negara yang disebut sebagai hasil tipuan. Ketika sedang dipilih nama untuk wilayah baru, pelobi eksentrik, George M., menyarankan nama "Idaho," yang menurutnya adalah istilah penduduk asli Amerika, yang berarti "permata dari pegunungan".

Belakangan terungkap bahwa nama itu dibuat atas inisiatifnya sendiri. Karenanya, wilayah itu (Idaho) akhirnya kembali bernama Colorado. Lambat laun, akhirnya kontroversi itu dilupakan.

Ini 5 Hoax Legendaris yang Paling Berpengaruh di Dunia

Otopsi alien ketika tabrakan UFO Roswell

Pada tanggal 5 Mei 1995, Ray Santilli, produser film London, menyajikan untuk pertama kalinya tontonan otopsi panjang alien kepada perwakilan media dan peneliti UFO. Tubuh itu dinyatakan sebagai tubuh alien yang diambil dari lokasi kecelakaan UFO Roswell pada tahun 1947. Rekaman itu terkenal di dunia, seketika itu juga.

Apakah yang diotopsi itu tubuh manekin yang sangat nyata, sosok dengan kelainan genetik (seperti progeria atau sindrom Turner), atau benar-benar alien, masih menjadi perdebatan.

Patolog juga mempertanyakan teknik-teknik yang digunakan dalam otopsi tersebut. Ironisnya, fakta yang terkuak dari film berasal dari salah satu latar belakang. Di salah satu dinding ruang otopsi, ada sejenis tanda peringatan agar film tidak diproduksi sampai 1967, dua dekade setelah peristiwa Roswell terjadi.

Related

World's Fact 3150044306256399687

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item