Ini 5 Film Kriminal Terbaik yang Berdasarkan Kisah Nyata

Ini 5 Film Kriminal Terbaik yang Berdasarkan Kisah Nyata

Naviri Magazine - Crime atau kriminal adalah segala sesuatu yang melanggar hukum atau sebuah tindak kejahatan. Pelaku kriminalitas disebut kriminal. Biasanya, yang dianggap kriminal adalah pencuri, pembunuh, perampok, atau penipu. Tindakaan kriminal terjadi setiap hari di kehidupan kita, dari tindakan kriminal kecil, sampai tindakan kriminal yang besar.

Beberapa aksi kriminal bahkan cukup menggemparkan, hingga kasusnya sangat terkenal. Kasus-kasus itu ada yang dibukukan, dan kemudian diangkat ke layar film. Berikut ini adalah lima di antaranya, yang dianggap terbaik dan paling populer.

American Gangster (2007)

Film ini mengisahkan kehidupan bos mafia yang sangat terkenal di Amerika, yaitu Frank Lucas. Frank Lucas adalah seorang pria kulit hitam yang terkenal, dan menjadi sangat kaya karena metodenya memotong jalur percaloan narkotika (middlemen), dan mengimpor narkotika langsung dari daerah Segitiga Emas, di Vietnam, Thailand, dan Kamboja.

Dalam film, Frank Lucas digambarkan menyelundupkan narkotika dalam peti mati tentara Amerika Serikat. Tetapi, pada pengadilan, Ike Atkinson hanya mengaku menyelundupkan narkotika dalam meubel furnitur dan bukan peti mati, apalagi dalam tubuh mayat.

Film ini menceritakan kehidupan Frank Lucas (diperankan Denzel Washington), yang sebelumnya hanya seorang supir pribadi, bodyguard, sekaligus debt collector dari seorang gangster bernama Bumpy Johnson. Setelah bosnya meninggal, Frank berubah menjadi sosok bos sebuah gangster dan bandar narkoba terbesar di Amerika.

The Wolf of Wall Street (2013)

Jordan Ross Belfort adalah seorang motivor, sekaligus mantan pialang saham asal Amerika. Ia terkenal karena pernah melakukan penipuan terkait manipulasi pasar saham, dan pengoperasian ruang pemasaran saham murah. Akibat tindakannya tersebut, dia harus masuk penjara selama 22 bulan.

Setelah terbebas dari penjara, dia menceritakan perjalanan hidupnya dalam sebuah memorial berjudul The Wolf of Wall Street. Dan bahkan dibuat filmnya dengan judul sama, dan dibintangi oleh seorang aktor terkenal, Leonardo DiCaprio.

Filmnya menceritakan kehidupan Jordan Belfort (Leonardo DiCaprio), yang bermimpi memiliki perusahaan sukses. Belfort memulainya dengan menjual saham hingga korupsi di akhir tahun ‘80-an. Sukses dan kaya di awal usia dua puluhan sekaligus menjadi pendiri perusahaan broker Stratton Oakmont, membuat Belfort diberi gelar The Wolf of Wall Street

The Black Dahlia (2006)

Pada 5 Januari 1947, di Taman Leimert, Los Angeles, ditemukan mayat yang dimutilasi menjadi 2 bagian. Tubuhnya kehabisan darah, dan terdapat luka sobek di wajahnya, dari sudut mulut hingga telinga.

Wanita yang ditemukan dalam posisi beku dengan tangan di atas kepala dan siku membungkuk ini diketahui bernama Elizabet Short. Ini merupakan pembunuhan yang menarik perhatian begitu luas. Bahkan setelah 60 tahun berlalu, kasus ini secara resmi dianggap sebagai kasus yang tidak terpecahkan.

Filmnya ini lebih menonjolkan kehidupan dua orang polisi, Lee Blanchard (Aaron Eckhart) dan Bucky Bleichert (Josh Hartnett), yang terpanggil untuk menyelidiki pembunuhan bintang layar perak Betty Ann Short (Mia Kirshner), yang dibunuh secara keji, dan mereka berusaha agar kasus ini tidak dipublikasikan

American Hustle (2013)

Film ini menceritakan kehidupan seorang penipu ulung, Irving Rosenfeld (Christian Bale) dan partner sekaligus kekasihnya, Sydney Prosser (Amy Adams), yang dipaksa bekerja sama dengan agen FBI bernama Richie DiMaso (Bradley Cooper) untuk menyelami sisi gelap kota New Jersey yang dipenuhi banyak mafia dan power brokers (orang-orang yang dibayar untuk mempengaruhi penduduk, agar memberikan suara dalam pemilihan umum atau referendum, pada kliennya).

Salah seorang politikus New Jersey, Carmen Polito (Jeremy Renner), terjebak di antara kedua pihak ini. Sementara istri Irving Rosenfeld, Rosalyn (Jennifer Lawrence), merupakan satu-satunya kunci yang bisa membongkar kejahatan yang dilakukan suaminya.

Catch Me If You Can (2002)

Frank William Abagnale, Jr (lahir 27 April 1948) adalah seorang konsultan keamanan Amerika Serikat, yang terkenal karena ahli dalam memalsukan cek, memalsukan identitas, dan melarikan diri. Ia terkenal pada 1960, karena berhasil memalsukan cek senilai 2.5 juta US dollar di 26 negara selama lima tahun, dimulai ketika ia berusia 16 tahun.

Dalam proses ini, dia mengaku telah menggunakan tidak kurang dari delapan identitas, berhasil meniru seorang pilot maskapai penerbangan, seorang dokter, seorang agen biro penjara dan pengacara. Ia melarikan diri dari tahanan polisi dua kali, semua terjadi sebelum dia berumur 21 tahun.

Cerita hidup Abagnale ditulis dalam sebuah biografi dengan menggunakan namanya sendiri, dan diabadikan dalam sebuah film berjudul Catch Me if You Can, yang diperankan Leonardo Dicaprio dan Tom Hanks.

Related

Film 7292673667158572001

Recent

item