Inilah Anjing Paling Mahal di Dunia, Harganya Rp 5,8 Miliar

Inilah Anjing Paling Mahal di Dunia, Harganya Rp 5,8 Miliar

Naviri Magazine - Pada September 2009, seekor anjing jenis Tibetan mastiff dibeli seharga 4 juta yuan (sekitar Rp 5,8 miliar) oleh seorang jutwan Cina, yang tidak mau disebutkan namanya. Media-media di Cina hanya menyebut namanya “Wang”. Itulah anjing paling mahal di dunia yang tercatat hingga saat ini.

Selain membeli dengan harga sangat mahal, Wang juga menyambut kedatangan anjing itu dengan acara yang sangat mewah.

Saat turun dari pesawat di bandara Xian, provinsi Shanxi di wilayah utara Cina, anjing itu disambut dengan iring-iringan 30 mobil Mercedes Benz berwarna hitam, senada dengan warna anjing tersebut. Iring-iringan mobil itu datang dari provinsi Qinghai, barat laut Cina, tempat kediaman Wang.

Ketika diwawancarai koran dan ditanya mengapa membeli anjing sampai semahal itu, Wang menjelaskan kalau dirinya telah lama mencari anjing jenis Tibetan mastiff yang asli. “Emas ada harganya,” ujar Wang. “Tapi anjing Tibetan mastiff ini harganya tak ternilai.”

Anjing jenis Tibetan mastiff adalah keturunan anjing primitif dan dikenal sebagai anjing rumahan. Tibetan mastiff juga dikenal dengan nama Tsang khyi dan Do-khyi, yang berarti anjing yang terikat. Maksudnya, anjing itu banyak difungsikan sebagai penjaga rumah.

Sesuai namanya, anjing itu masih banyak dijumpai di wilayah Tibet. Tinggi badannya bisa mencapai lebih dari 80 sentimeter. Namun rata-rata tingginya berkisar antara 61 hingga 72 sentimeter, dengan berat badan antara 45 hingga 72 kilogram.

Anjing itu memiliki warna bulu bervariasi—dari hitam, emas, biru keabu-abuan, sampai cokelat—dan sangat lebat. Bahkan ada yang mirip singa, karena bulu yang tumbuh di mukanya begitu panjang mirip surai raja hutan.

Tibetan Mastiff termasuk golongan anjing primitif, dan mereka hanya bisa menambah keturunannya satu tahun sekali, tidak seperti anjing kebanyakan yang rata-rata bisa beranak dua kali dalam setahun. Meskipun anjing rumahan, temperamen anjing itu tidak bisa diprediksi. Di Tibet, anjing tersebut dikenal agresif dan ganas.

Related

World's Fact 7505209327102385145

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item