Ka’bah, Bangunan Pertama yang Didirikan di Muka Bumi

Ka’bah, Bangunan Pertama yang Didirikan di Muka Bumi

Naviri Magazine - Sampai sekarang, Ka’bah menjadi bangunan paling tua di dunia, bahkan merupakan bangunan yang pertama didirikan di muka Bumi.

Dalam sebuah riwayat, setelah melalui penelusuran sejarah, ditemukanlah kesimpulan bahwa setidaknya ada sekitar 12 generasi yang ikut memelihara Ka’bah. Bahkan ketika Adam AS diturunkan oleh Allah ke Bumi, Baitullah atau Ka’bah telah ada.

Dalam QS. Al-Baqarah ayat 127 disebutkan, “Dan ingatlah ketika Nabi Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail seraya berdo’a: Ya Tuhan kami, terimalah amalan kami, sesungguhnya Engkau yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Ayat itu menjelaskan perintah Allah kepada Nabi Ibrahim AS untuk meninggikan Ka’bah. Berarti, pada masa beliau, bangunan tersebut telah ada.

Dalam sebuah riwayat, Nabi Ibrahim AS diperintah oleh Allah untuk “meninggikan” (membangun kembali) Ka’bah, karena sejak masa Nabi Adam AS sempat hancur dan terendam banjir bandang di masa Nabi Nuh AS. Sebelum itu, sesudah masa Nabi Adam AS, Ka’bah dipelihara oleh putra-putra Nabi Adam AS.

Kemudian dilanjutkan oleh masa Nabi Ibrahim AS dan putranya, Nabi Ismalil AS, dan selanjutnya diteruskan oleh generasi-generasi sesudah Nabi Muhammad SAW, dengan berbagai kemelut dan kejadian luar biasa yang menyertainya. Hingga, jika ditotal, ada 12 generasi tercatat ikut memelihara Kab’ah, Bangunan yang tak akan pernah hancur sampai Kiamat. Wallahu’alam bisshowab.

Related

Moslem World 6589709268754570772

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item