Fakta, Kehadiran E-Book Terus Menggusur Buku-buku Cetak

Kehadiran E-Book Terus Menggusur Buku-buku Cetak

Naviri Magazine - Kemajuan teknologi dipandang sebagai solusi mengatasi persoalan. Digitalisasi mempermudah orang-orang mengakses atau mengirim pesan, berita, gambar dan lain sebagainya.

Kecanggihan teknologi tak mampu terbendung lagi saat ini, termasuk digitalisasi dalam bidang kepustakaan, yaitu e-book. Dengan e-book, orang dengan ringkasnya membawa buku yang tersimpan dalam gadget, bukan hanya satu buku, puluhan bahkan ratusan buku.

Perkembangan teknologi bagai dua bilah mata pisau, bisa membawa manfaat atau malah menjadi malapetaka. Kemajuan teknologi yang terjadi saat ini membuat orang berpindah dari membaca buku fisik ke buku elektronik.

Dampaknya terasa pada para pedagang di Pasar Buku Kwitang, yang kian hari kian sepi.

Sentra penjualan buku Kwitang terletak di satu sudut simpang lima Senen, Jakarta Pusat. Sebelum 2008, lokasi ini mudah terlihat, karena masih marak pedagang kaki lima yang berjualan buku, bahkan hingga tumpah ke jalan. Jumlah pedagang kala itu mencapai ratusan orang, namun kini berkurang; tak lebih dari 30 orang.

Kehadiran E-Book Terus Menggusur Buku-buku Cetak

"Setelah internet berkembang, pengunjung berkurang. Jika beruntung, bisa mendapatkan omzet sampai Rp 400 ribu dalam sehari, tapi ada juga tambahan lain dari hasil jualan di online," kata Darussalam, saat menjaga buku-buku jualannya.

Hal senada dikatakan juga oleh Gugum. Lewat aplikasi Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee, dia menjual buku dengan nama toko 'ceriitoge'. Dalam sehari, rata-rata ia melakukan lima kali transaksi online. Turunnya angka pengunjung membuat para pedagang memutar balik otak dengan membuka toko di marketplace.

Bagi pelanggan setia, Kwitang masih menjadi sentra buku. Entah itu di dunia nyata maupun maya, atau hanya tinggal cerita.

Related

Business 8879512006684401818

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item