Lowo Ireng, Mobil Sport Berenergi Listrik Asli Buatan Indonesia

Lowo Ireng, Mobil Sport Berenergi Listrik Asli Buatan Indonesia

Naviri Magazine - Sportscar listrik Lowo Ireng turut ambil bagian dalam konvoi kendaraan listrik untuk menyambut Formula E 2020 di Jakarta. Mobil ini merupakan hasil pengembangan dari mahasiwa Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS).

Juniono, salah satu orang yang terlibat dalam pengembangan Lowo Ireng, mengatakan bahwa proses paling sulit adalah mencari komponen baterainya.

"Kesulitan ada di bagian baterainya, karena kita baterainya masih impor dari Cina. Belum diproduksi sendiri. Kan pabriknya masih baru dibangun di Kabupaten Morowali. Nah itu dia, mungkin ke depan bisa kita pakai dari sana," kata Juniono.

Lowo Ireng merupakan mobil listrik berjenis sport. Mobil yang masih prototype itu menggunakan penggerak dari motor BLDC, dengan kapasitas mencapai 90 kW, yang mampu membuat mobil ini melaju hingga kecepatan 140 km/jam.

Dijelaskan, untuk mengisi daya baterai hanya memerlukan waktu 2-3 jam. Dalam kondisi baterai penuh, Lowo Ireng bisa menempuh jarak hingga 80 kilometer.

Karenanya, Lowo Ireng listrik perlu waktu satu minggu untuk tiba di Jakarta dari Surabaya. Sebab, kata Juniono, perlu beberapa kali pengisian baterai, yang hanya bisa dilakukan di kantor PLN.

Juniono berharap, digelarnya Formula E di Jakarta pada tahun 2020 bisa merangsang industri mobil listrik untuk berkembang. Dengan begitu, infrastruktur pengisian pun bisa bertambah.

"Saya mengharapkan (Formula E) bisa membawa industri (mobil listrik) ke Indonesia. Ke depannya lebih berkembangnya lagi. Karena Formula E berbasis listrik juga," kata Juniono.

Related

Automotive 714913601516753863

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item