Ini yang Akan Terjadi Jika Kita Mengebor Bumi Sampai Tembus

Ini yang Akan Terjadi Jika Kita Mengebor Bumi Sampai Tembus

Naviri Magazine - Dalam geografi, antipode adalah dua tempat yang terletak di belahan bumi yang berlawanan. Dua titik yang antipodal dari satu tempat ke tempat lain terhubung oleh garis lurus yang melewati garis tengah bumi.

Berapa jarak terjauh antara satu tempat di bumi dengan tempat yang lain? Tempat terjauh di bumi dari satu lokasi tepat berada di balik bumi di bawah posisi kaki seseorang yang berdiri di lokasi tersebut, seseorang harus melewati lautan, kota, rimba belantara, sejauh 20.000 km selama bertahun-tahun, agar bisa mencapai tempat tersebut.

Tetapi perjalanan super jauh itu bisa dipersingkat, dan bisa mengirit 7.500 km. Caranya dengan menggali sebuah lubang menembus bumi, lurus ke sisi sebaliknya, yang jaraknya sekitar 12.500 km.

Dulu, cerita favorit masa kecil bocah di Amerika ialah kalau menggali tanah di bawah kaki sampai tembus di permukaan bumi di sisi lainnya, maka lokasinya itu di Cina. Kalau bocah AS bermain tanah dan mulai menggalinya, orang tuanya yang sewot akan berteriak, "Nak, berhentilah menggali sampai ke China! Ayo masuk dan bersihkan dirimu."

Bagaimana dengan kenyataan yang sebenarnya? Faktanya, bila memang dibuat terowongan lurus, maka daratan AS akan tembus ke arah Eropa di sekitar Prancis, dan China akan tembus ke Amerika tapi bagian selatan di sekitar Argentina, Chile, Uruguay, dan Brazil.

Lalu bagaimana bila di Indonesia, di mana lokasi antipodenya? Kalau seseorang menggali lubang lurus dari Jakarta, maka di sisi sebaliknya bumi ia akan muncul di kota Bogota, Kolombia.

Beberapa contoh lokasi lain antipode di antaranya:

1. Christchurch (Newzeland) >< A Curuna (Spanyol)
2. Hamilton (New Zealand) >< Córdoba (Spain)
3. Hong Kong >< La Quiaca (Argentina)
4. Junín (Argentina) >< Lianyungang (China)
5. Padang (Indonesia) >< Esmeraldas (Ecuador)
6. Palembang (Indonesia) >< Neiva (Colombia)
7. Rafaela (Argentina) >< Wuhu (China)
8. Segovia (Spain) >< Masterton (New Zealand)
9. Tauranga (New Zealand) >< Jaén (Spain)
10. Ulan Ude (Russia) >< Puerto Natales (Chile)
11. Valdivia (Chile) >< Wuhai (China)
12. Whangarei (New Zealand) >< Tangier (Morocco)

Hingga hari ini belum ada terowongan yang mampu menembus bumi lurus antara 2 titik antipodal. Seandainya seseorang punya kekasih di Bogota, bisa saja untuk menghemat waktu dan biaya menggali terowongan tembus ke sana. Selain irit biaya, perjalanan pesawat sehari bisa ditempuh hanya 40 menit dengan melompat ke lubang antipode.

Related

Science 8456074447771566232

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item