Netizen Indonesia Heboh Gara-gara Aplikasi “Kontool” Buatan Jerman

Netizen Indonesia Heboh Gara-gara Aplikasi “Kontool” Buatan Jerman

Naviri Magazine - Media sosial di Indonesia ramai dengan perbincangan aplikasi bernama "Kontool". Pantas, dari nama aplikasinya saja, orang Indonesia langsung menyamakannya dengan alat kelamin pria.

Sebenarnya, tidak ada hubungan sama sekali antara aplikasi Kontool dengan alat kelamin pria yang diasosiasikan oleh para netizen Indonesia, hingga menghebohkan media sosial. Lalu, apa aplikasi Kontool ini?

Aplikasi Kontool berasal dari Jerman, yang dibuat oleh startup bernama sama dengan aplikasi yang dibuatnya. Kontool merupakan perusahaan teknologi yang menawarkan solusi digital untuk analisis dan laporan manajemen perusahaan.

Adapun nama 'Kontool' merupakan perpaduan dari kata Konto dari bahasa Jerman untuk account (akun) dan tool (alat). Kontool membuat produk peranti lunak atau aplikasi untuk menghitung pajak perusahaan.

Situs CrunchBase mencatat, startup Kontool didirikan pada 1 April 2012 dan berkantor pusat di Berlin, Jerman. Kontool menggunakan delapan produk teknologi dalam jasanya, seperti Google Analytics, WordPress dan Vimeo. Untuk website, Kontool secara aktif menggunakan 35 teknologi, di antaranya Viewport Meta, iPhone/Mobile Compatible, dan SSL by Default.

Kontool tanggapi netizen Indonesia

Rupanya, startup Kontool menyadari telah menjadi pusat perhatian dan perbincangan netizen Indonesia. Kontool sepertinya tahu mengapa nama perusahannya, yang disamakan dengan alat kelamin pria, viral di Indonesia.

Akun Facebook resmi Kontool juga diserbu komentar-komentar dari warganet Indonesia. Mereka pun posting di akun Facebook untuk klarifikasi makna nama Kontool, hingga niatnya untuk memperluas pasarnya ke Indonesia, dan tentu saat ekspansi ke sini mereka akan mengubah namanya yang 'lebih pantas'.

"Ketika kami akan datang dengan produk kami ke pasar Anda (Indonesia) ... Saya pikir kami harus menemukan nama baru... tapi pertama-tama kita harus menaklukkan pasar Jerman. Salam terbaik untuk Indonesia dari Berlin di Jerman," tulis mereka di akun Facebook perusahaan.

Kontool juga memanfaatkan viralnya nama perusahaan mereka di Indonesia. Kontool kemudian berinisiatif merilis merchandise khusus, seperti t-shirt dengan tulisan ‘I love Kontool’. Mereka berdalih, rilisnya suvenir ini merupakan permintaan dari netizen.

"Banyak orang yang menanyakan produk merchandise Kontool. Makanya kami membuat toko internet dalam semalam. Jika kamu menyukai Kontool, kamu bisa memesan t-shirt lucu dengan tulisan 'I love Kontool'," tulis mereka dalam postingan di Facebook.

Ada beragam merchandise yang dijual, mulai dari t-shirt dewasa yang dijual 15,99 poundsterling (sekitar Rp 273 ribu), t-shirts anak-anak dijual 11,99 poundsterling (sekitar Rp 203 ribu), dan tas dijual 9,99 poundsterling (sekitar Rp 170 ribu).

Related

News 3050758138968164003

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item