Niksen, Seni Menikmati Waktu dengan Tidak Melakukan Apa pun

Niksen, Seni Menikmati Waktu dengan Tidak Melakukan Apa pun

Naviri Magazine - Bagi sebagian masyarakat Indonesia, rebahan dan berdiam diri di kamar mungkin sudah menjadi aktivitas 'mewah' yang didambakan di setiap akhir pekan. Meski terkesan malas, namun tahukah Anda bahwa konsep rebahan dan tidak melakukan apa pun sedang jadi tren gaya hidup populer di Belanda? Tren gaya hidup ini dikenal dengan nama Niksen.

Niksen memiliki arti harfiah ‘tidak melakukan apa pun’ atau ‘melakukan sesuatu tanpa maksud yang jelas’. Kegiatan ini bisa sesimpel duduk di kursi sambil melihat jendela, mengunjungi cafe sembari mendengarkan musik, atau rebahan tanpa melakukan apa pun.

"Niksen bisa dilakukan dengan cara apa pun, yang penting tidak dengan tujuan jelas, dan bukan sebagai langkah untuk menjadi produktif," papar Carolien Hamming, managing director CSR Centrum (tempat terapi gaya hidup) dari Belanda, kepada Time.

Hal serupa juga dipaparkan oleh Ruut Veenhoven, seorang profesor dari Erasmus University Rotterdam, yang mempelajari kebahagiaan. Menurutnya, niksen bisa menjadi sarana untuk pikiran berkelana, tanpa harus fokus terhadap suatu hal secara detail. "Ini bisa menjadi momen relaksasi untuk pikiran," jelasnya.

Dari perspektif sejarah Belanda, niksen sering dianggap sebagai bermalas-malasan dan kebalikan dari produktif.

Namun, seiring berjalannya waktu, tingkat stres semakin meningkat di lingkungan masyarakat. Sehingga, untuk terbebas dari pemikiran tersebut, dianjurkan untuk tidak melakukan apa pun sebagai taktik melawan stres.

Lalu apa manfaat niksen?

Menurut riset Eve Ekman, profesor University of California, Amerika Serikat, tidak melakukan apa pun dan menanggapi segala hal dengan pelan, dapat mengurangi kecemasan. Tak hanya itu, niksen juga bisa membantu seseorang untuk memiliki berbagai ide cemerlang.

"Meski melakukan niksen, alias tidak melakukan apa pun, otak kita tetap memproses informasi-informasi yang sebelumnya tak pernah terpikirkan. Biasanya, saat itulah kita menciptakan ide-ide menarik, atau kunci dari pemecahan suatu masalah," jelas Ruut Veenhoven.

Maka tak heran, beberapa orang mengungkapkan, ketika mereka sedang di kamar mandi untuk melakukan buang air besar, seringkali tercetus pemikiran atau ide-ide menarik yang sebelumnya tak pernah terpikirkan. Itulah salah satu bentuk dan manfaat niksen.

Selain baik untuk menjaga kesehatan pikiran dan ketenangan hati, niksen memiliki banyak manfaat jika diaplikasikan dengan benar. Artinya, jangan sampai Anda melakukan niksen terus menerus, dan malah melupakan kewajiban yang harus dikerjakan. Lakukanlah niksen di waktu luang, bisa di akhir pekan atau saat sebelum tidur.

Related

Psychology 8242847749212277454

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item