Menurut Penelitian Ilmuwan, Kiamat Terjadi Setiap 26 Juta Tahun Sekali

Menurut Penelitian Ilmuwan, Kiamat Terjadi Setiap 26 Juta Tahun Sekali

Naviri Magazine - Topik tentang kiamat memang selalu menarik dan kontroversial. Sialnya, topik ini juga selalu tidak jelas. Kita tidak akan membahas fenomena kiamat 2012. Bukan. Yang ini lebih mengerikan, karena didukung oleh fakta, bukan hanya ramalan peradaban Maya yang tak terbukti.

Bagaimana kalau bumi mendapat hari kiamat yang sudah terjadwal di setiap 26 juta tahun sekali? Kedengarannya konyol, kan? Tapi para paleontolog (ilmuwan yang mempelajari fosil) menemukan pola yang sangat aneh, bahwa kejadian pemusnahan massal, seperti yang terjadi pada dinosaurus 65 juta tahun lalu, tidak terjadi pada waktu yang acak, tapi tampaknya terjadi pada periode yang teratur.

Ini sangat aneh. Makhluk hidup dalam jumlah besar menghilang setiap 26 juta tahun sekali.

Astrofisik Richard Muller mempelajari hal ini, dan mengemukakan penjelasan. Dia berteori bahwa ada sebuah bintang redup (dim red dwarf star) yang dia beri nama 'Nemesis', yang tersembunyi di ujung tata surya. Ia mengorbit matahari dengan lintasan yang super-lonjong, sehingga sebagian besar waktunya berada jauh dari matahari. Ia berada antara 1 sampai 3 tahun cahaya dari pusat tata surya kita.

Ketika Nemesis mendekati matahari setiap 26 juta tahun sekali, orbitnya membawanya pada Oort Clouds, sebuah tempat di tata surya kita, tempat bernaungnya jutaan komet yang mengelilingi tata surya kita.

Saat itulah, orbit komet menjadi kacau. Gravitasi Nemesis menyebabkan lintasan dari banyak komet berubah, beberapa dari mereka terempas dan menuju ke arah Bumi dan Merkurius, sehingga Bumi menjadi sasaran empuk.

Ada atau tidaknya Nemesis, masih belum dibuktikan. Tapi para ilmuwan sudah mencari dengan keras, tanpa menemukan bintang yang punya orbit dan ciri-ciri pas dengan Nemesis. Di tahun 1997, sebuah misi NASA yang bernama Two Micron AllStar Survey (Two MAS) menggunakan 2 teleskop infrared untuk menjelajahi langit dan mencari Nemesis.

Sampai sekarang, Two MAS sudah memberikan lebih dari 2 juta gambar, tapi tidak ada Nemesis. Jadi kiamat terjadwal ini masih berupa misteri sampai sekarang.

Related

Science 6668731640587578444

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item