Ini Penyebab Daun Berubah Warna di Musim Gugur

Ini Penyebab Daun Berubah Warna di Musim Gugur

Naviri Magazine - Daun memiliki beberapa pigmen warna. Ada pigmen klorofil yang menghasilkan warna hijau, ada pula pigmen lain yang menghasilkan warna kuning, merah, atau cokelat.

Pada musim panas, banyak hujan turun dan matahari bersinar terang. Pada waktu itu pigmen klorofil berkembang sangat aktif, sehingga tumbuh-tumbuhan terlihat berwarna hijau. Ketika musim gugur, klorofil mengurai, dan muncul pigmen warna lain sebagai pengganti warna hijau.

Warna daun tergantung pada jenis pohon. Di musim gugur, berbagai warna akan muncul—ada kuning, cokelat, jingga, dan lain-lain. Warna hijau akan berubah menjadi kuning, cokelat, atau ungu, tergantung jenis pohonnya.

Apa yang disebut unsur hara?

Unsur hara adalah zat yang dibutuhkan tanaman. Unsur hara dibagi menjadi dua, yaitu unsur hara makro, dan unsur hara mikro.

Unsur hara makro adalah unsur hara yang banyak dibutuhkan tanaman, yaitu Nitrogen (N), Phospor (P), Kalium (K), Kalsium (CaO), Magnesium (MgO), dan Sulfur (S).

Sedangkan unsur hara mikro adalah unsur hara yang dibutuhkan tanaman, namun dalam jumlah relatif sedikit atau sangat kecil. Di antara unsur hara mikro adalah Seng (Zn), Besi (Fe), Mangan (Mn), Tembaga (Cu), Boron (B), Molibdenum (Mo), dan Chlor (Cl).

Related

Science 4049935893753705583

Recent

item