Rahasia Gelap dari Perang Dingin yang Tak Pernah Diungkap Sejarah

Rahasia Gelap dari Perang Dingin yang Tak Pernah Diungkap Sejarah

Naviri Magazine - Ini merupakan rahasia paling gelap dari perang dingin antara 2 super power: AS dan Uni Soviet. Misteri yang belum terpecahkan, yang membuat bumi nyaris kiamat.

Tahun 1968, kedua negara adikuasa itu masing-masing kehilangan sebuah kapal selam. Milik Uni Soviet, “K-129”, pada Maret 1968, dan kapal selam AS, “USS Scorpion”, pada Mei 1968.

Dokumen rahasia tenggelamnya kedua kapal selam itu tersimpan rapi selama puluhan tahun di deep-web, bagian terbesar internet yang penuh misteri. Konon, kedua kapal selam itu, dengan ratusan awak kapalnya, merupakan korban awal Perang Dunia ke-3, yang dapat diakhiri sebelum benar-benar meledak.

Apa yang sebetulnya terjadi saat itu?

Beberapa dokumen paling rahasia, yang tersimpan di kedalaman deep-web, menyingkap salah satu rahasia 2 negara adikuasa tersebut. Begini ceritanya:

Moskow, Maret 1968.

Markas besar Beruang Merah berada dalam kondisi Siaga Satu. Sejak berhari-hari mereka kehilangan sinyal kapal selam K-129, yang melakukan patroli rutin di Samudera Pasifik. Menurut data, K-129 dilengkapi dengan 3 rudal nuklir.

Sejak Februari 1968, K-129 dengan sejumlah 86 awak kapal berangkat dari basis Kamtsatka, untuk melakukan patroli rutin di Samudera Pasifik sebagai, ironisnya, bagian dari sarana pencegah perang nuklir.

Pencarian besar-besaran, namun diam-diam dan dalam situasi sangat rahasia, segera dilakukan Soviet. Aksi intelijen Soviet itu dianalisis dan diketahui oleh dinas intelijen AS. Yang belum diketahui Soviet: Angkatan Laut AS sudah memasang sistem-sistem pendeteksi paling modern di dasar semua samudera di dunia.

Sensor bawah laut AS itu dikenal dengan nama kode SOSUS (Sound Surveillance System), yang gunanya untuk mengawasi kapal selam Uni Soviet. SOSUS dikembangkan sejak tahun 1949 oleh Committee for Undersea Warfare, dan menghabiskan biaya sekitar U$ 10 juta setiap tahun.

Sekonyong-konyong, terjadi ledakan bawah laut dekat Kepulauan Hawaii. Apakah disebabkan oleh kapal selam K-129? Amerika segera mengirim armadanya ke koordinat ledakan, dan menemukan K-129 tergeletak di dasar lautan, sedalam 5 ribu meter. Dalam kondisi hancur akibat ledakan hebat.

Mungkin saja K-129 tenggelam setelah gagal menyalakan salah satu rudal nuklirnya. Apa targetnya? Apa yang sebenarnya terjadi di kedalaman sana?

Dokumen dengan informasi penting

Dalam sebuah dokumen rahasia, tertulis bahwa awak kapal selam K-129 menjalankan perintah dari pemberontak yang sedang melakukan kudeta di Kremlin! Mereka diminta menyerang AS, berlawanan dengan tugas sesungguhnya dari pemerintah pusat Soviet. Rupanya, para awak kapal adalah bagian dari konspirasi besar yang akan merebut kekuasaan di Moskow, saat terjadi perang atom dengan AS.

Satu hal penting, namun tidak diketahui para awak kapal selam K-129 yang memberontak itu, kodenya belum lengkap 100% untuk menyalakan rudal nuklir. Kode lengkap hanya dimiliki markas besar di Moskow. Dengan demikian, mereka tidak menyalakan transmisi penggerak rudal, namun justru mekanisme penghancur diri sendiri.

Lantas terjadilah detonasi rudal tanpa disertai ledakan nuklir. Lapisan luar K-129 terkelupas akibat ledakan hebat tersebut. K-129 tenggelam di kedalaman Samudera Pasifik. Seluruh 86 awaknya dipastikan tewas.

Eskalasi antara kedua negara

Armada Angkatan Laut AS, yang cepat tiba di tempat kecelakaan, disangka oleh pihak Uni Soviet sebagai penyerang K-129. Sebagai wujud balas dendam, beberapa bulan kemudian ganti kapal selam USS Scorpion yang diserang dan ditenggelamkan oleh helikopter tempur Soviet.

Sebelum eskalasi berlanjut menjadi Perang Dunia ke-3, presiden AS (saat itu Richard Nixon) dapat meyakinkan Uni Soviet bahwa AS sama sekali tidak bersalah. Dalam sebuah dokumen very top-secret lalu disetujui bahwa kedua pihak akan merahasiakan kejadian yang sebenarnya, sampai awal tahun 2010.

Mulai tahun 1974, CIA (Central Intelligence Agency) melakukan aksi besar-besaran pengangkatan sisa-sisa K-129. Aksi itu dilaksanakan sangat rahasia, dan dalam dokumen disebut dengan nama kode Proyek Azorian. Namun, istilah formal publiknya dikenal dengan nama Proyek Jennifer.

Related

Mistery 182831415746184038

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item