Republik Mauritius, Negara Afrika dengan Penduduk Paling Makmur

Republik Mauritius, Negara Afrika dengan Penduduk Paling Makmur

Naviri Magazine - Republik Mauritius adalah negara kepulauan di barat daya Samudra Hindia, sekitar 900 km sebelah timur Madagaskar. Selain Pulau Mauritius, negara ini juga mencakup Kepulauan Cargados Carajos, Rodrigues, dan Kepulauan Agalega. Mauritius termasuk dalam Kepulauan Mascarene, beserta Pulau Reunion milik Perancis, 200 km sebelah barat daya Mauritius.

Sejarah

Pulau Mauritius ditemukan oleh bangsa Portugal pada tahun 1505, dan pertama kali dijajah oleh Belanda tahun 1638. Belanda menamakannya "Mauritius", untuk mengenang Pangeran Maurice dari Nassau.

Perancis menguasai pulau itu sepanjang abad ke-18, lalu menamakannya Ile de France. Mauritius kemudian dikuasai oleh Britania Raya tahun 1810, dan dikembalikan ke nama semula.

Kemerdekaan diraih pada tahun 1968, dengan pemerintahan republik yang masuk dalam kumpulan Persemakmuran, tahun 1992.

Mauritius merupakan negara demokrasi yang relatif stabil, dengan pemilihan umum reguler dan catatan hak asasi manusia yang baik. Aliran investasi asing ke Mauritus yang cukup banyak, menjadikannya salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di Afrika.

Politik

Kepala negara Mauritius adalah presiden, dengan masa jabatan lima tahun yang dipilih dengan Majelis Nasional, parlemen unikameral Mauritius.

Dari total 66 anggota parlemen, 62 orang dipilih melalui hasil suara terbanyak, dan 4 lainnya dipilih untuk mewakili etnik minoritas, tergantung pada hasil pemilu. Parlemen dipimpin oleh Perdana Menteri dan beberapa menteri.

Related

World's Fact 1870308142626315596

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item