Begini Panduan dan Langkah Pembuatan SIM A atau SIM C

Begini Panduan dan Langkah Pembuatan SIM A atau SIM C

Naviri Magazine - Bagi Anda warga Ibu Kota yang baru beranjak usia 17 tahun, dan mau memiliki Surat Izin Mengemudi, bisa langsung datang ke Satuan Pelaksana Administrasi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya atau Satpas SIM, di Daan Mogot, Jakarta Barat.

Namun, ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengetahui seperti apa proses pengajuan aplikasinya.

Sebelum berangkat dari rumah, pastikan Anda menyiapkan beberapa berkas pelengkap, yakni empat lembar fotokopi KTP dan Kartu Keluarga. Kelengkapan ini kerap ditanyakan petugas sebagai lampiran jika dibutuhkan.

Cek kesehatan

Setibanya di Satpas SIM, lokasi pertama yang wajib dikunjungi untuk permohonan pembuatan SIM adalah Gedung Kesehatan. Di tempat ini, Anda akan mengambil nomor antrean, dan diminta melengkapinya dengan fotokopi KTP dan uang administrasi Rp 25.000. Setelah dipanggil, proses pengecekan kesehatan dilakukan di dalam ruangan, tepat di sebelah loket pendaftaran.

“Cek kesehatan merupakan bagian wajib dari permohonan SIM. Namun, karena sebelumnya banyak oknum yang memilih jalan pintas, prosedur ini jadi kerap dilupakan," ujar salah satu dokter di lokasi tes kesehatan.

Dari tempat ini, Anda akan memperoleh slip merah hasil pemeriksaan kesehatan, dengan lampiran fotokopi KTP.

Langkah kedua, langsung menuju ke loket Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang ada di gedung utama, biasa disebut Gedung Biru. Tentukan pilihan, mau membuat SIM A untuk mobil atau SIM C (sepeda motor).

Masing-masing SIM punya biaya berbeda, Rp 120.000 untuk mobil dan Rp 100.000 untuk sepeda motor. Setelah membayar, Anda akan memperoleh slip atau nota pembayaran dari bank.

Sebelum beranjak ke lokasi lain, pastikan untuk bergeser ke loket sebelah bank, untuk membayar Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi (AKDP). Untuk pembuatan SIM A atau C, biayanya sama, Rp 30.000, dan kembali simpan bukti pembayarannya.

Formulir pendaftaran

Setelah memegang tiga lembar slip, yakni kesehatan, pembayaran (BRI), dan asuransi, langkah ketiga adalah menuju loket pendaftaran SIM. Posisinya berada tepat di belakang BRI. Pastikan Anda mengisi lengkap biodata yang ada pada formulir pendaftaran.

Setelah lengkap terisi, lampirkan ketiga slip sebelumnya (hasil cek kesehatan, bukti pembayaran BRI, dan AKDP), ditambah dua fotokopi KTP. Semua kelengkapan ini kemudian diserahkan ke loket dua atau empat, yang terdapat berdekatan dengan loket pendaftaran.

Setelah komplit, tinggal menunggu dipanggil petugas untuk mengikuti proses selanjutnya, berupa tes teori dan tes praktik.

Related

Tips 4441591784424827022

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item