Buku Ini Hanya Berisi Satu Kalimat, tapi Harganya Rp 280 Juta

Buku Ini Hanya Berisi Satu Kalimat, tapi Harganya Rp 280 Juta

Naviri Magazine - Sebuah buku tebal bersegel, dengan judul 'The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art', adalah barang unik, langka, dan mahal di dunia. Dalam buku ini hanya berisi sebuah kalimat sederhana. Namun harganya US$ 20.000 (sekitar Rp 280.000.000).

Buku ini adalah karya terakhir Boerhaave, seorang dokter Belanda yang menulis buku 'Elementa Chemiae', dan meninggal tahun 1738. Sebelum wafat, ia meninggalkan sebuah buku tebal bersegel dengan judul 'The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art', yang artinya kurang lebih 'Rahasia paling mendalam dan satu-satunya dalam seni pengobatan'.

Saat buku itu dilelang, terjual dengan harga US$ 20.000. Tapi ternyata, setelah segel buku dibuka, pemenang lelang itu menemukan 99 dari 100 halaman buku itu kosong, tidak ada tulisan sama sekali.

Selain sampul depan, hanya ada sederet huruf yang membentuk sebaris kalimat di satu halamannya, dalam arti bahasa Indonesia berbunyi, “Jaga diri untuk tetap tenang, jaga kaki agar tetap hangat, dan kau akan membuat dokter terbaik sekalipun menjadi miskin.”

Related

World's Fact 2594367530572717815

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item