Goh Chok Tong, Perdana Menteri Singapura yang Dicintai Rakyatnya

Goh Chok Tong, Perdana Menteri Singapura yang Dicintai Rakyatnya

Naviri Magazine - Goh Chok Tong lahir di Singapura, pada 20 Mei 1941, dan dia adalah Perdana Menteri Singapura kedua dari 26 November 1990 hingga 12 Agustus 2004, setelah menggantikan Lee Kuan Yew.

Periode jabatannya sebagai Perdana Menteri mencapai 14 tahun. Setelah tidak lagi menjabat perdana menteri, ia menjabat sebagai Menteri Senior Singapura dan ketua Bank Sentral yang memegang Otoritas Moneter Singapura (MAS). Ia juga menjabat Sekretaris Jenderal Partai Aksi Rakyat (PAP) sejak 1992.

Awal kehidupan

Lahir dari sebuah keluarga sederhana Hokkien, Goh bersekolah di Raffles Institution dari tahun 1955 hingga 1960. Ia menjadi andalan perenang di sekolahnya, ketika masa-masa mudanya.

Ia lulus sebagai First Class Honours (Bachelor of Arts) dalam bidang ekonomi dari Universitas Nasional Singapura (pernah dikenal sebagai Universitas Singapura), dan Master of Arts bidang Pembangunan Ekonomi dari Williams College di Amerika Serikat pada 1967. Setelah menyelesaikan studinya, Goh kembali ke Singapura untuk bekerja di Pelayanan Administratif.

Memasuki dunia politik pada usia 35 tahun, ia sebelumnya menjabat sebagai Menteri Senior Negara untuk keuangan; Menteri Perdagangan dan Industri; Kesehatan; dan Pertahanan. Ia mempunyai gelar Sarjana Muda bidang Ekonomi dari Universitas Nasional Singapura, dan Sarjana bidang Pembangunan Ekonomi dari Williams College di Amerika Serikat.

Related

Figures 32092256412381303

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item