Ternyata, Ikan-ikan di Dalam Air Bisa Mendengar Suara Kita

Ternyata, Ikan-ikan di Dalam Air Bisa Mendengar Suara Kita

Naviri Magazine - Ikan bisa mendengar, karena juga memiliki telinga, meski mereka tidak memiliki struktur tulang luar. Telinga ikan terdapat di bagian dalam yang tersembunyi dalam tulang kepala, sehingga kita tidak bisa melihatnya.

Sebenarnya, suara bergerak lebih cepat di dalam air daripada di udara. Hal itu memungkinkan ikan untuk mengenali suara di sekelilingnya.

Kemudian, selain telinga, garis lateral di kedua sisi tubuh ikan juga bisa bereaksi terhadap getaran gelombang bunyi. Jadi, dibandingkan manusia, ikan lebih peka terhadap suara.

Apakah paus termasuk ikan?

Paus adalah salah satu penghuni dasar laut. Yang paling besar adalah paus biru, dengan berat lebih dari 150.000 kilogram, dan panjangnya lebih dari 30 meter. Meski hidup di dalam air, namun paus sebenarnya bukan ikan.

Paus disebut ikan, karena memiliki bentuk mirip ikan, sebagaimana bintang laut bukan bintang dan kuda laut bukan sejenis kuda.

Paus termasuk mamalia, karena memiliki kelenjar susu, berdarah panas, melahirkan, dan memiliki peredaran darah tertutup. Selain itu bentuk ‘sirip’ depan paus memiliki struktur tulang seperti mamalia, bukan seperti ikan.

Related

Science 5463851243775940616

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item