Inilah Laut yang Airnya Paling Asin di Dunia

Inilah Laut yang Airnya Paling Asin di Dunia

Naviri Magazine - Air laut adalah air yang berasal dari laut atau samudera. Secara rata-rata, air laut memiliki kadar garam 35 persen. Artinya, dalam setiap satu liter air laut terdapat sekitar 35 gram garam, terutama garam dapur (NaCl).

Meskipun kebanyakan air laut di dunia memiliki kadar garam 35 persen, namun air laut juga memiliki kandungan garam yang berbeda-beda. Yang paling tawar—karena kandungan garamnya kecil—adalah laut di wilayah timur Teluk Finlandia dan di utara Teluk Bothnia, keduanya merupakan bagian dari Laut Baltik.

Sedangkan laut yang airnya paling asin—karena memiliki kandungan garam tinggi—adalah Laut Merah, akibat suhu tinggi dan sirkulasi terbatas membuat penguapan tinggi dan sedikit masukan air dari sungai-sungai.

Danau apa yang terluas di dunia?

Danau Laut Kaspia yang berair asin, dan Danau Superior di Amerika Utara yang berair tawar, adalah dua danau terbesar atau terluas di dunia. Ukuran luasnya sekitar 170.000 dan 31.820 kilometer persegi.

Related

World's Fact 7624683916939845657

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item