J.P. Morgan, Tokoh Keuangan Paling Berpengaruh di Abad 20

 J.P. Morgan, Tokoh Keuangan Paling Berpengaruh di Abad 20

Naviri Magazine - Lahir pada 17 April 1837, di Hartford, Connecticut, JP Morgan di kemudian hari menjadi salah satu pemodal yang paling terkenal dalam sejarah bisnis. Morgan memulai perusahaan perbankan swastanya sendiri, yang kemudian dikenal sebagai JP Morgan & Co, salah satu perusahaan keuangan terkemuka di dunia.

John Pierpont Morgan adalah anak seorang bankir. Morgan masuk ke bisnis keluarganya. Setelah bekerja untuk ayahnya, ia memulai perusahaan perbankan swasta sendiri pada tahun 1871, yang kemudian dikenal sebagai JP Morgan & Co.

Perusahaannya menjadi salah satu perusahaan keuangan terkemuka di dunia. Perusahaan itu begitu kuat, sehingga pemerintah AS memandang perusahaan sebagai pihak yang berperan signifikan untuk membantu negara mengatasi resesi yang melanda tahun 1895. Perusahaan ini juga membantu menghalau terjangan krisis keuangan tahun 1907.

Selama karirnya, kekayaan, kekuasaan, dan pengaruh JP Morgan menarik banyak media dan pengawasan dari banyak pihak, termasuk pemerintah. Selama dekade 1800-an dan bahkan setelah pergantian abad 19 ke 20, banyak industri di negara itu yang dikuasai seorang pemimpin bisnis yang jumlahnya hanya segelintir, terutama Morgan.

Ia dikritik karena menciptakan monopoli dengan menyulitkan setiap perusahaan untuk bersaing dengannya. Morgan mendominasi dua sektor industri khususnya, ia membantu mengonsolidasikan industri kereta api di timur dan membentuk United States Steel Corporation pada tahun 1901.

Sebagai elemen penting dalam pertumbuhan luas bangsa Amerika, US Steel menjadi produsen baja terbesar di dunia. Pemerintah, yang menduga Morgan telah menciptakan monopoli dalam industri baja, mengajukan gugatan terhadap perusahaan tersebut pada tahun 1911. Tahun berikutnya, Morgan dan rekan-rekannya menjadi subyek penyelidikan kongres oleh Komite Pujo tahun 1912.

Morgan memiliki banyak kepentingan di luar dunia perbankan. Dia menikmati kegiatan berlayar, dan berpartisipasi dalam sejumlah kejuaraan kapal pesiar Amerika.

Morgan juga seorang kolektor seni yang tekun. Ia menciptakan salah satu koleksi yang paling signifikan pada zamannya. Dia sumbangkan koleksi seni tersebut ke Metropolitan Museum of Art, dan koleksi karya tertulis kepada Morgan Library, keduanya terletak di New York City.

Pernikahan pertama Morgan dengan Amelia Sturges berlangsung singkat. Istrinya meninggal beberapa bulan setelah pernikahan mereka di tahun 1860. Lima tahun kemudian, Morgan menikahi Frances Tracy. Pasangan ini memiliki empat anak: John Pierpont Jr, Louisa, Juliet, dan Anne.

Morgan meninggal pada 31 Maret 1913, di Roma, Italia. Pada saat kematiannya, ia dipuji sebagai salah satu sosok penguasa dunia keuangan dalam sejarah modern.

Related

Figures 3479690040694831347

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item