Ini Cara Sehat untuk Mengatasi Kecanduan Mi Instan

Ini Cara Sehat untuk Mengatasi Kecanduan Mi Instan

Naviri Magazine - Ketika kita sudah kecanduan mi instan, kita harus mulai mengurangi konsumsinya. Berikut yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kecanduan mie instan.

Kurangi secara bertahap

Langsung berhenti mengonsumsi mi instan justru membuat kita semakin menginginkannya. Jadi, mulailah mengurangi frekuensi makan mi instan pelan-pelan. Kita bisa membatasi frekuensi makan mi instan jadi dua kali seminggu.

Setelah berhasil, kurangi lagi jadi sekali seminggu. Lakukan secara bertahap sampai kita benar-benar mampu untuk berhenti mengonsumsinya.

Ganti bumbu mi dengan rempah alami

Bagian yang membuat kita kecanduan makan mi instan adalah rasa gurihnya. Lidah manusia modern memang sudah berevolusi jadi mudah ketagihan rasa makanan yang kuat, misalnya asin, manis, dan pedas.

Maka salah satu cara untuk menghentikan ketagihan mie instan adalah dengan mengubah cita rasanya.

Saat makan mi, buang bumbu instan dan ganti dengan rempah alami. Bawang putih, lada, daun bawang, garam, cabai, dan ketumbar. Semakin lama, lidah akan semakin terbiasa dengan rasa-rasa alami ini.

Tambahkan makanan sehat seperti sayur atau daging ayam asli

Campurkan mi instan kesukaan kita dengan makanan sehat. Tambahkan sayur sawi, wortel, bok choy, kangkung, atau brokoli. Daripada makan mi instan dengan bakso olahan pabrik, sebaiknya tambahkan daging ayam atau sapi asli.

Cara ini membuat kita semakin terbiasa makan makanan sehat, dan mulai meninggalkan mi instan yang gizinya sangat minim.

Jangan menyimpan mi instan di rumah

Menyimpan mi instan di rumah membuat kita semakin tergoda untuk mengonsumsinya. Maka, jangan pernah menyimpan stok mi instan di rumah.

Rasa ngidam biasanya akan hilang sendiri setelah beberapa saat, atau kalau sudah makan makanan yang lain. Jika masih merasakan desakan untuk makan mi, berjalan kakilah ke warung terdekat.

Tak hanya memnyehatkan, jalan kaki juga akan mengulur waktu sehingga rasa ngidam hilang sendiri. Kita juga mungkin jadi sangat haus usai jalan kaki. Kita pun akan minum banyak air dan sudah kenyang duluan, sebelum sempat membeli mi.

Belajar masak

Beberapa orang ketagihan mi instan karena sangat mudah disiapkan. Terutama kalau kita sedang kelaparan. Untuk mengubah kebiasaan tersebut, belajarlah memasak.

Mulai dari hidangan yang sederhana seperti telur dadar, sampai yang cukup rumit seperti sop. Saat bisa memasak, kita jadi lebih kreatif, dan tak akan memilih mie instan saat lapar.

Minta bantuan orang lain

Bila segala cara sudah ditempuh tapi belum berhasil juga, kita butuh bantuan orang lain. Mintalah orang terdekat seperti pasangan atau sahabat terdekat untuk memberikan dukungan, salah satunya dengan cara tidak makan mi instan ketika sedang bersama.

Kalau sudah sangat parah, kita juga bisa menemui psikolog atau terapis yang bisa membantu mengatasi kecanduan.

Related

Health 3195735074643386090

Recent

item