Ini 5 Kelakuan Sepele yang Menunjukkan Kamu Sebenarnya Egois

 Ini 5 Kelakuan Sepele yang Menunjukkan Kamu Sebenarnya Egois

Naviri Magazine - Apa yang ada di benakmu saat mendengar kata egois? Tentu kamu tahu bahwa arti egois adalah orang yang selalu mementingkan diri sendiri. Biasanya, yang mendapat cap egois adalah orang yang selalu mau menang sendiri, tidak mau berkorban untuk orang lain, bahkan tidak pernah peduli kesulitan orang lain.

Apakah kamu termasuk egois? Kemungkinan besar kamu akan langsung menjawab tidak. Tapi benarkah itu? Berikut ini ada 5 kelakuan yang mungkin terkesan sepele dan sering dilakukan banyak orang, tapi sebenarnya merupakan sifat egois.

Buang sampah sembarangan

Hampir semua orang pernah buang sampah sembarangan. Efek negatif dari melakukannya tak langsung terlihat, jadi sepertinya hal itu tak terlalu buruk untuk dilakukan. Tapi sebenarnya itu salah satu bukti egoisme.

Kamu tentu tahu bahwa buang sampah sembarangan bisa menyebabkan saluran air tersumbat yang berujung pada banjir. Sampah yang menumpuk juga jadi sumber penyakit dan bau tak sedap. Siapa yang akhirnya rugi kalau itu terjadi? Ya masyarakat sekitar. Bayangkan betapa banyak orang yang dirugikan akibat sesuatu yang kesannya sepele tersebut.

Maka, saat tidak ada tempat sampah di sekitarmu, lebih baik simpan dulu sampah yang ingin kamu buang, sampai menemukan tempat sampah. Sedikit tak nyaman, tapi menguntungkan buat orang banyak. Kalau kamu tak mau repot dan lebih memilih merugikan orang lain, bukankah itu artinya kamu egois?

Membuang waktu orang lain

Waktu sering dianggap sebagai sumber daya paling berharga yang dimiliki seseorang. Tak seperti sumber daya lain, waktu tak akan bisa kembali lagi kalau sudah hilang. Maka, jangan sampai kamu membuang waktu orang lain dengan percuma, karena hal itu sangat egois.

Bagaimana caranya? Salah satunya dengan tidak terlambat saat janjian dengan orang lain. Orang yang janjian denganmu mungkin sudah punya jadwal kegiatan yang tersusun rapi, jadi jangan buat jadwalnya berantakan gara-gara kebiasaan ngaretmu.

Bangun lebih pagi atau berangkat lebih awal mungkin membuatmu repot, tapi itu bukti bahwa kamu bukan egois.

Melanggar aturan lalu lintas

Yang satu ini juga sangat jamak dilakukan, jadi mungkin banyak orang sudah menganggapnya hal biasa. Tapi sebenarnya ini pun bukti egoisme. Malah kerugian dari melanggar peraturan lalu lintas jauh lebih berat, karena bisa menyebabkan kematian.

Menggunakan handphone saat menyetir, kebut-kebutan, menerobos lampu lalu lintas, atau menyetir melawan arus, adalah beberapa contoh tindakan pelanggaran yang sangat egois. Orang lain yang menyetir dengan hati-hati pun bisa kena dampaknya, padahal yang salah bukan mereka. Egois sekali, kan?

Merokok di tempat umum

Merokok di tempat umum tidak selalu salah, jika dilakukan di tempat khusus merokok. Tapi merokok di tempat yang terlarang jelas tidak boleh dilakukan, misalnya di fasilitas pelayanan kesehatan, sekolah, tempat bermain anak, tempat ibadah, angkutan umum, dan lain sebagainya.

Merokok di tempat-tempat tersebut tidak hanya melanggar hukum, tapi juga egois. Orang-orang lain yang tak merokok bisa terpapar asap rokok, dan mendapat masalah kesehatan. Kalau pun tak jadi sakit, mereka tentu tak suka bau asap rokok. Jadi jangan hanya pentingkan hasratmu untuk merokok, hingga akhirnya tak peduli pada orang sekitar.

Related

Psychology 8965953134985741914

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item