Laut Mati, Lautan yang Memiliki Kadar Garam Terbesar di Dunia

Laut Mati, Lautan yang Memiliki Kadar Garam Terbesar di Dunia

Naviri Magazine - Laut Mati adalah danau di wilayah Israel. Danau itu terkenal karena kadar air asinnya enam kali lebih besar dibanding air laut. Hal itu terjadi karena air laut masuk ke sungai tapi tidak bisa kembali, juga karena terjadinya penguapan yang berlebihan oleh sinar matahari.

Karena begitu asinnya air di sana, orang yang tidak bisa berenang pun bisa mengapung di Laut Mati. Kita bahkan bisa berbaring sambil membaca buku di permukaan air. Di musim kemarau, air sungai akan mengering, sehingga di atas permukaan air akan muncul gumpalan garam.

Kadar garam di bagian selatan Laut Mati lebih banyak, sehingga kadang gumpalan garamnya sebesar rumah. Laut itu disebut Laut Mati, karena airnya terlalu asin hingga ikan tidak bisa hidup disana. Meski begitu, air laut tersebut dianggap sangat bagus untuk kulit, hingga banyak orang datang ke sana untuk merawat kulit.

Di sekitar laut itu juga terdapat lumpur hitam pekat, yang dulu digunakan Ratu Cleopatra dari Mesir untuk merawat kecantikannya. Sampai saat ini, lumpur tersebut masih banyak digunakan sebagai bahan kecantikan.

Related

World's Fact 2010068298382408975

Recent

item