Ini 7 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Sakit Maag

Ini 7 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Sakit Maag

Naviri Magazine - Maag merupakan penyakit yang menyerang bagian lambung, dikarenakan terjadi luka dan peradangan pada lambung sehingga menyebabkan mulas, sakit dan perih di perut.

Maag bisa disebabkan karena pola makan yang tidak teratur, bakteri atau konsumsi obat-obatan tertentu. Tapi jangan salah, ada beberapa makanan yang berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita maag kronis.

Acar

Makan martabak telur tanpa acar, pasti tidak lengkap. Tapi jika kamu penderita maag kronis, sebaiknya jangan coba-coba makan acar. Baik acar buah maupun sayur.

Acar merupakan jenis olahan fermentasi yang dibuat dengan cuka. Zat kimia dalam cuka itu yang membuat iritasi pada lambung. Selain itu, proses fermentasi pada acar juga dapat terkontaminasi oleh bakteri lain, yang bisa berakibat lebih buruk.

Makanan laut

Memang tak semua makanan laut akan menimbulkan alergi pada tubuh. Tapi sebaiknya, bagi penderita maag, tetap harus menghindari konsumsi makanan laut. Karena makanan laut dapat menyebabkan tubuh menghasilkan histamin, sehingga hal itu menyebabkan tubuh tidak memiliki penawarnya.

Pada gejala awal akan menimbulkan mual, muntah, dan sakit kepala, tetapi pada tahap serius akan menyebabkan sesak napas.

Olahan susu

Keju, yogurt, merupakan produk olahan susu yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi. Kandungan lemak tinggi itu dapat memperparah infeksi H.pylori. Sehingga akan menyebabkan komplikasi lebih lanjut pada tubuh.

Buah dengan kadar keasaman tinggi

Makan buah memang bagus. Tapi khusus untuk penderita maag, sebaiknya hindari makan buah yang memiliki tingkat keasaman tinggi, karena dalam buah tersebut memiliki kandungan asam sitrat. Salah-salah bukan jadi sehat, malah bikin makin parah maagnya.

Makanan pedas

Makan kalau tak ada rasa pedasnya memang terasa kurang. Tapi jangan makan pedas untuk kalian penderita maag kronis. Makanan pedas dapat merusak kerja lambung dan merusak lapisan perut. Selain menyebabkan asam lambung tinggi, makanan pedas juga dapat menyebabkan tingginya lendir usus.

Makanan dengan lemak jenuh tinggi

Daging ayam merupakan salah satu makanan yang mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Bagi penderita maag kronis, makanan ini wajib dihindari karena memicu tingginya asam lambung.

Selain karena menyebabkan tingginya asam lambung dan risiko iritasi, penderita maag juga akan lebih mudah terkena penyakit tekanan darah tinggi, obesitas, penyakit jantung, dan kolesterol tinggi.

Bawang merah dan bawang putih

Dua bumbu ini memang jadi bumbu wajib untuk setiap masakan, tapi penderita maag kronis sebaiknya menghindari konsumsi bumbu ini. Karena akan menyebabkan rasa terbakar pada lambung, dan juga mempercepat kerja saluran pencernaan, sehingga lambung akan terasa seperti kosong. Setelah itu, akan terasa mual.

Nah, gimana gengs nggak mau kan sakit maagnya tambah kronis? So, sekarang saatnya mengontrol makan dan mulai hidup sehat!

Related

Health 8282623631094007284

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item