Mengenal Darkseid, Musuh Terkuat Superman Setelah Doomsday

Mengenal Darkseid, Musuh Terkuat Superman Setelah Doomsday

Naviri Magazine - Dalam film Batman vs Superman, ada sebuah adegan yang menarik dan mengundang banyak pertanyaan, yaitu adegan yang popular disebut “Knightmare”. Adegan ini terjadi saat Bruce Wayne mendapat semacam mimpi (atau visi) saat berusaha mendekripsi file data yang dicurinya dari Lex Luthor.

Dalam mimpinya, Batman mendapati Bumi yang luluh lantak dengan ledakan di sana-sini, dan sebuah kapal alien di angkasa. Sebuah lambang Omega raksasa misterius tergambar di tanah.

Batman, yang memakai dessert suit, bertemu sepasukan tentara yang memberinya sebuah kontainer berisi Kryptonite. Ternyata itu sebuah jebakan. Batman berusaha kabur tapi tertangkap oleh para makhluk bersayap dan pasukan berlogo “S” di lengan mereka. Pasukan tersebut juga menembaki orang-orang yang mengantar Kryptonite tersebut.

Batman diikat di sebuah bunker bersama dua orang lain. Superman datang, dan langsung membunuh dua tawanan di sebelah Batman. Setelah melepas topeng Batman, Superman sepertinya bakal melakukan hal yang sama. Bruce pun terbangun dari mimpi tersebut.

Penonton awam mungkin menganggap adegan itu mimpi buruk biasa. Tetapi bagi penggemar komik DC, terutama komik Superman, adegan tersebut merupakan spoiler terbesar yang kemungkinan bakal menjelaskan kisah di sequel selanjutnya, terutama musuh berikutnya yang akan muncul.

Kemunculan Darkseid

Berbagai media pun berspekulasi, mimpi Bruce tersebut merupakan gambaran Metropolis di masa depan. Sebuah kota yang hancur, dan sosok Superman yang jahat.

Nama Darkseid muncul sebagai the next super-villain di film selanjutnya. Apalagi berbagai elemen yang mendukung terlihat jelas, seperti munculnya pasukan bersayap dan lambang omega raksasa. Siapa Darkseid? Apakah lebih kuat dan mengerikan dibanding Doomsday?

Sebenarnya, Darkseid bukan tokoh asing, dia sering muncul di komik Superman. Kalau di Marvel Universe ada sosok dewa bernama Thanos, di DC Universe ada Darkseid. Diciptakan oleh Jack Kirby, Darkseid pertama kali muncul sebagai cameo di komik Superman's Pal, Jimmy Olsen #134 tahun 1970, dan menjadi villain utama di komik Final Crisis tahun 2009.

Darkseid merupakan dewa penguasa planet bernama Apokolips. Dia mempunyai kekuatan luar biasa yang disebut Omega Force, yang berasal dari Omega Realm. Selain itu, dia juga mempunyai pasukan andalan, bernama Parademon, tentara mutant yang bisa terbang.

Tentu ini menjadi penjelasan kenapa banyak spekulasi muncul terkait Darkseid yang menjadi the next super-villain di sequel Batman v Superman. Apalagi lambang omega yang identik dengan Darkseid terpampang jelas.

Lantas, apa arti dari Superman yang menjadi jahat? Apakah Darkseid berhasil mempengaruhi Superman sehingga berpihak padanya dan menguasai Metropolis dan dunia? Mungkin, ke depannya, sequel film ini akan mengadopsi storyline di seri Injustice Gods Among Us.

Di Injustice, musuh utama Batman, Joker, meledakkan bom nuklir ciptaan Lex Luthor, di tengah kota Metropolis, menewaskan jutaan penduduknya. Bahkan dengan triknya, Joker berhasil membuat Superman membunuh Louis Lane, yang tengah mengandung.

Rasa bersalah dan kehilangan yang amat sangat membuat Superman menjadi sosok yang kejam. Superman langsung membunuh Joker di tahanan. Dia mendirikan sebuah pemerintahan tirani bernama One Earth Goverment, dan merekrut para superhero yang sejalan dengannya, dengan membentuk organisasi bernama High Councillor.

Related

Film 602342850859241538

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item