Mengenal Rekening Koran, dan Panduan Serta Syarat Mendapatkannya

Mengenal Rekening Koran, dan Panduan Serta Syarat Mendapatkannya

Naviri Magazine - Rekening koran adalah ringkasan seluruh transaksi keuangan dari suatu rekening, baik rekening individu maupun rekening badan usaha. Data yang terlampir meliputi alur debit dan kredit, dana hasil transfer masuk atau keluar, dan sebagainya.

Dulu, nasabah hanya dapat mengecek rincian transaksi rekeningnya melalui rekening koran. Ketentuan percetakan atau pemberitahuan rekening koran dapat berbeda-beda di setiap bank.

Ada yang secara berkala rutin mengirimkan rekening koran pada nasabahnya tanpa diminta. Namun ada juga yang nasabahnya harus melakukan proses pengajuan rekening koran, dan harus menunggu beberapa waktu untuk mendapatkannya.

Sekarang, di zaman yang sudah canggih, nasabah bisa mengakses transaksi keuangan sendiri secara online. Nasabah dapat melihat seluruh daftar transaksi hingga mutasi rekening.

Nasabah dapat mengaksesnya melalui mobile application, website bank, atau mesin ATM. Walaupun permintaan cetak rekening koran sudah jarang dilakukan, namun tetap ada yang membutuhkannya. Mengapa?

Karena rekening koran memiliki banyak kegunaan bagi nasabah. Misalnya, rekening koran digunakan untuk mengajukan visa, mengetahui ringkasan transaksi, menjadi bukti hukum, mengajukan pinjaman, mengikuti lelang, serta audit keuangan perusahaan.

Cara mengajukan rekening koran

Sekarang, pencetakan rekening koran mungkin hanya membutuhkan waktu sebentar. Bahkan pencetakan rekening koran bisa dilakukan dalam hitungan menit.

Untuk pengajuan rekening koran, Anda bisa mengunjungi kantor cabang bank terdekat. Jika pejabat atau atasan bank sedang berada di tempat, customer service dapat mengeluarkan rekening koran Anda hanya sebentar saja.

Biasanya, dalam penerbitan rekening koran membutuhkan tanda tangan dari pejabat atau atasan bank yang sudah senior.

Jika dokumen ini tidak bisa Anda akses secara online, hal tersebut dikarenakan biasanya rekening koran membutuhkan stempel atau legalisir dari pihak bank bersangkutan.

Agar pencetakan rekening koran Anda dapat diproses dengan cepat, Anda harus memenuhi syarat-syarat yang diperlukan. Berikut syarat-syarat memperoleh rekening koran.

Buku tabungan asli

Untuk mendapatkan cetakan rekening koran, nasabah harus datang dengan membawa buku tabungan yang asli.

Setelah itu, Anda memberitahukan kepada customer service bahwa Anda mau mencetak rekening koran, serta memberitahukan tujuannya. Dan tentunya jangan lupa untuk memberikan buku tabungan asli Anda.

Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Setelah itu, petugas bank juga akan meminta kartu identitas Anda, seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk) untuk mencocokkan identitas diri dengan buku tabungan Anda. Selain KTP, Anda juga bisa membawa dokumen identitas lain, seperti paspor, atau SIM (Surat Izin Mengemudi).

Kartu debit

Customer service juga akan meminta nasabah untuk menunjukkan kartu debit. Kartu debit digunakan sebagai bukti kepemilikan rekening dan nasabah bank.

Jadi jangan lupa untuk membawa kartu debit. Kalau Anda tidak membawa kartu debit, petugas biasanya tidak akan memproses permohonan pencetakan rekening koran.

Biaya cetak

Untuk pencetakan rekening koran juga ada biayanya. Besar biaya yang dikenakan kepada nasabah berbeda-beda, tergantung kebijakan dari bank masing-masing.

Related

Tips 3675813920439382780

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item