Mengenali dan Mewaspadai Gejala serta Tanda Kanker Sejak Dini

 Mengenali dan Mewaspadai Gejala serta Tanda Kanker Sejak Dini

Naviri Magazine - Kanker adalah salah satu penyakit buruk dan ditakuti di dunia. Penyakit ini membunuh hampir sama banyak dengan penyakit jantung, setiap tahun. Namun, jika penyakit kanker terdeteksi lebih dini, sebagian besar penderita penyakit kanker dapat disembuhkan.

Walaupun penyakit kanker tidak selalu mudah dideteksi, tetapi jika Anda memperhatikan tubuh maka bisa mengetahui tanda-tanda penyakit kanker lebih dini pada diri Anda.

Berikut cara mengetahui gejala dan tanda kanker sejak dini, yang dilansir dari hhdresearch.org.

Pendarahan tidak normal

Jika Anda melihat ada pendarahan tidak normal, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Karena ketika sel-sel kanker mulai tumbuh, mereka cenderung mengganggu pertumbuhan sel-sel lain pada tubuh. Hal ini dapat menyebabkan pendarahan di paru-paru Anda karena jaringan parut.

Jika Anda mengalami pendarahan seperti batuk, utin, rektum, Anda harus segera menghubungi dokter untuk memeriksa tanda-tanda kanker lebih lanjut.

Penurunan berat badan tiba-tiba

Meskipun Anda berpikir bahwa penurunan berat badan pada usia berapa pun adalah ideal, namun penuruanan berat badan tiba-tiba yang tidak dapat dijelaskan bisa menjadi pertanda buruk. Hal ini bisa berarti bahwa tubuh Anda tidak menyerap nutrisi yang diperlukan, serta mengonsumsi lebih banyak energi daripada yang dibutuhkan untuk membuat tubuh tetap sehat.

Jika Anda mengalami penuruan berat badan dalam beberapa kilo tanpa melakukan olahraga apapun, Anda perlu khawatir. Walaupun itu bukan pasti tanda-tanda kanker, namun itu bisa menjadi pertanda pada tubuh Anda ada sesuatu yang salah.

Benjolan

Bertentangan dengan kepercayaan populer, kanker payudara tidak hanya terjadi pada wanita saja. Pria juga bisa terkena kanker payudara. Anda harus curiga bila mendapati benjolan atau bengkak di bagian manapun dari tubuh Anda. Jika Anda memiliki benjolan yang tidak dapat dijelaskan, lakukan pemeriksaan dan cari tahu penyebabnya.

Kelelahan

Jika Anda merasa lelah setelah tidur nyenyak, dan sulit menjalani hari tanpa merasa lelah, tubuh Anda mungkin memberikan beberapa tanda. Anda bisa menderita penyakit kanker atau penyakit mengerikan lainnya, dan tubuh menggunakan semua energi dalam menangkal serangan virus.

Batuk yang persisten

Batuk tidak terlepas dari para perokok. Jika Anda menderita batuk yang sepertinya tidak kunjung sembuh, Anda harus memeriksakan diri ke dokter, karena itu bisa saja menjadi masalah. Lebih baik untuk mengetahui apa yang salah, kemudian melakukan antisipasi.

Gangguan pencernaan, mulas, atau kesulitan menelan

Jika Anda bangun setiap hari dengan rasa mulas dan gangguan pencernaan, mungkin asam lambung Anda menghadapi kesulitan dalam melakukan kegiatan.

Bahkan jika Anda menderita sakit tenggorokan untuk waktu yang cukup lama, dan kesulitan untuk menelan, hal itu bisa menjadi tanda-tanda awal penyakit kanker.

Tubuh kita biasanya sangat pandai memberi sinyal untuk mengatakan ada sesuatu yang salah. Kita hanya perlu mengenali mereka apa adanya. Bahkan untuk penyakit ringan seperti pilek dan flu, merasa cepat lelah, suhu tubuh meningkat, itu cara tubuh kita memberi tanda.

Tes deteksi kanker terbaru telah sangat maju. Dan, jika Anda khawatir tentang masalah ini, maka hal terbaik adalah pergi mendapatkan tes menyeluruh untuk mengesampingkan kemungkinan kanker.

Related

Tips 3858361276673385631

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item