Misteri Bola Petir yang Berabad-abad Membingungkan Ilmuwan

Misteri Bola Petir yang Berabad-abad Membingungkan Ilmuwan

Naviri Magazine - Sebuah penanampakan bola petir raksasa di China menimbulkan berbagai pertanyaan besar di benak para peneliti. Penampakan cahaya aneh tersebut memang menjadi incaran para peneliti, setelah berabad-abad lamanya.

Penampakan itu sekaligus sebagai petunjuk bagi para peneliti mengenai fenomena yang terbilang sangat langka ini. Bola petir tersebut sengaja direkam saat muncul di langit Qinghai, China, yang kala itu memang tengah dilanda badai.

Bola cahaya itu terlihat naik dari tanah, setelah terjadi sambaran petir dengan gerakan horizontal, sepanjang kurang lebih 50 kaki atau 15 meter, sebelum akhirnya menghilang.

Dengan lebar sepanjang 16 kaki atau setara 5 meter, bola cahaya ini mucul hanya dalam waktu 2 detik. Hasil rekaman ini menjadi rekaman ilmiah pertama berupa bola petir yang langsung diambil dari alam.

Dilansir Daily Mail, beberapa peneliti mengungkapkan bahwa bola petir yang tertangkap video adalah suatu bentuk interaksi petir dengan bumi. Teori ini dikemukakan pertama kali lebih dari satu dekade lalu, namun analisis terbaru berkembang seiring tertangkapnya video tersebut di China.

“Saya pikir ini pengamatan yang unik. Itu mungkin bola petir. Ada begitu banyak video atau foto petir yang diambil dari alam. Namun, sejauh yang saya ketahui, tidak ada video yang menunjukkan penampakan bola petir,” ujar Martin Uman dari Universitas Florida, dalam wawancara dengan American Physical Society.

Para peneliti belum bisa memastikan apa sesungguhnya bola petir tersebut. Namun mereka menduga, fenomena tersebut merupakan bola kilat seperti halnya atmoster yang terkena tekanan plasmoid. Para peneliti juga mengatakan temuan tersebut terbentuk dari silikon, besi, dan kalsium.

Related

Science 3804063778273490681

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item