Mitos Terkait Model Iklim Dalam Penelitian Pemanasan Global

 Mitos Terkait Model Iklim Dalam Penelitian Pemanasan Global

Naviri Magazine - Mitos ini tidak benar dan menunjukkan kesalahpahaman tentang kerja pemodelan iklim, sekaligus meremehkan keseriusan perubahan iklim di masa depan.

Terdapat sejumlah besar pemodelan iklim, berdasarkan mekanisme spesifik, seperti pemahaman tentang awan, hingga model sirkulasi umum (MSU) yang digunakan untuk memprediksi iklim masa depan planet kita.

Ada lebih dari 20 pusat penelitian internasional tempat ilmuwan-ilmuwan cerdas membangun dan menjalankan MSU dengan jutaan kode, merepresentasikan pemahaman tentang sistem iklim.

Pemodelan ini terus diuji terhadap data historis dan palaeoiklim serta peristiwa iklim, seperti letusan gunung berapi besar, untuk memastikan agar rekonstruksi iklim berjalan dengan baik.

Tidak ada pemodelan yang dapat dianggap paling benar, karena mereka mewakili sistem iklim global yang sangat kompleks.

Namun, karena ada begitu banyak model yang berbeda yang dibangun dan dikalibrasi secara independen, kita bisa memiliki kepastian ketika model-model tersebut menunjukkan hasil yang sama.

Seluruh jajaran model iklim menunjukkan meningkatnya karbon dioksida dapat menghangatkan planet dari 2°C menjadi 4,5°C, dengan rata-rata 3.1°C.

Semua model menunjukkan jumlah pemanasan yang signifikan, ketika ada peningkatan karbon dioksida ke atmosfer.

Skala pemanasan yang diprediksi sangat mirip selama 30 tahun terakhir, meskipun ada peningkatan besar dalam kompleksitas model. Ini menunjukkan hasil kerja keras dalam ilmu pengetahuan.

Dengan menggabungkan semua pengetahuan ilmiah kita tentang faktor alam (Matahari, gunung berapi, aerosol, dan ozon) dan aktivitas manusia (gas rumah kaca dan perubahan penggunaan lahan), faktor pemanasan dan pendinginan iklim menunjukkan bahwa 100% pemanasan yang diamati selama 150 tahun terakhir adalah karena ulah manusia.

Related

Science 4596176557587957964

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item