Mengapa Banyak Orang Indonesia yang Sangat Suka Mi Instan?

Mengapa Banyak Orang Indonesia yang Sangat Suka Mi Instan?

Naviri Magazine - Apakah Anda penggemar mi instan, dan selalu ketagihan mengonsumsinya? Mengacu laporan World Instant Noodles Asosiation (WINA), ternyata konsumsi mi instan di Indonesia pada tahun 2017 kemarin mencapai jumlah mengejutkan, yakni 12,62 miliar.

Hal ini menempatkan Indonesia sebagai konsumen mi instan terbesar kedua di dunia, yang melampaui Jepang 5,66 miliar porsi, India 5,42 miliar porsi, dan Vietnam 2,06 miliar porsi.

Padahal selama ini mi instan seringkali dicap sebagai makanan tak sehat. Celakanya, makanan cepat saji ini justru disukai banyak orang.

Mi instan memang memiliki rasa yang gurih dan menggoda lidah. Sayangnya, rasa gurih dan nikmat tersebut justru membuat kita kecanduan makan mi instan. Padahal, terlalu banyak makan mi instan berisiko bagi kesehatan.

Penggunaan MSG atau monosodium glutamat yang digunakan untuk meningkatkan rasa mi instan inilah yang membuat kita terus ingin mengonsumsi makanan cepat saji ini.

MSG terbuat dari molekul garam natrium, yang dikombinasikan dengan air dan asam amino L-glutamat. Kombinasi ketiga molekul ini menghasilkan rasa gurih yang mirip dengan rasa umami rumput laut.

Kandungan asam glutamat dalam mecin membuat sel-sel saraf otak lebih aktif, sehingga menciptakan sensasi gurih nikmat saat makan yang bikin ketagihan.

Sebenarnya, penggunaan MSG untuk penyedap masakan bukan hal yang berbahaya. Namun, terlalu banyak mengonsumsi MSG bisa mengakibatkan kerusakan hati, diabetes, dan hipertensi.

Tanda-tanda kecanduan mi instan

Sebelum kita melakukan penanganan, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu tanda-tandanya gejalanya. Berikut kondisi yang menunjukkan kita sudah kecanduan mi instan.

- Sering muncul keinginan makan mi instan, padahal sudah makan dan tidak sedang lapar.

- Ketika akhirnya makan mi instan, kita makan berlebihan. Merasa bersalah setelah makan mi instan, tapi akan tetap makan lagi setiap ada kesempatan.

- Mencari-cari alasan untuk makan mi instan.

- Mencoba menutup-nutupi ketagihan ini dari orang lain, misalnya dari orangtua atau pasangan.

- Tak mampu mengendalikan diri meskipun tahu (atau pernah merasakan) bahaya kebanyakan makan mi.

Related

Health 2826932066731306146

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item