Panduan Menghasilkan Uang dari YouTube, untuk Orang Awam

Panduan Menghasilkan Uang dari YouTube, untuk Orang Awam

Naviri Magazine - Youtube telah menjadi salah satu sumber penghasilan banyak orang, khususnya mereka yang disebut Youtuber. Dengan mengunggah video-video yang mereka buat ke Youtube, mereka bisa mendapatkan uang dari Youtube.

Bagi yang masih awam, mungkin masih bertanya-tanya, bagaimana caranya? Berikut ini adalah panduan awal untuk bisa menghasilkan uang dari Youtube, untuk orang yang benar-benar masih awam.

Buat akun Gmail

Pertama, Anda harus membuat akun Gmail, karena YouTube dan Adsense merupakan produk dari Google. Nantinya, Anda akan memiliki alamat e-mail dan akun Google yang bisa digunakan untuk masuk ke semua produk layanan dari Google.

Daftarkan diri ke YouTube

Setelah Anda memiliki akun Gmail, selanjutnya bisa langsung membuat akun YouTube. Anda hanya tinggal klik YouTube, kemudian pilih login jika sudah memiliki akun. Dan klik sign up jika belum mempunyai akun YouTube.

Masuk pada pengaturan video manager YouTube

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah pengaturan video manager yang ada pada akun Anda. Akan muncul pada gambar bagian pojok kanan atas pada gambar profil, lalu cari dan klik ‘Creator Studio’. Akan muncul tampilan ‘Buat Saluran’.

Upload video

Selanjutnya jangan lupa untuk upload video di akun YouTube Anda, minimal tiga hingga lima video. Ingat, ya! Video harus asli buatan sendiri, dan buatlah konten yang menarik agar banyak yang suka dan subscribe.

Perhatikan juga pada saat meng-upload video, pilihlah judul video dan deskripsi video serta tags yang sesuai dengan video yang Anda upload.

Aktifkan monetasi YouTube

Pilih menu ‘Creator Studio’, kemudian masuk ke menu ‘Saluran - Status dan Fitur’. Terdapat kolom ‘Monetisasi’ kemudian pilih ‘Aktifkan’.

Kemudian beri tanda checklist pada semua kolom kotak yang tersedia, lalu klik ‘Saya Setuju’. Beri tanda checklist pada kolom kotak dan klik ‘Monetisasi’.

Anda hampir selesai membuat akun Adsense, dan video yang dikirim sedang dalam tahap peninjauan oleh pihak Google Adsense.

Kaitkan Adsense YouTube

Klik ‘Monetisasi’, kemudian klik ‘Bagaimana Saya akan Dibayar’ dan klik ‘Mengaitkan Akun Adsense’. Selanjutnya Anda bisa klik pilihan ‘Berikutnya’. Kemudian isi data, jangan sampai asal isi data saat mendaftar Adsense di Youtube, ya. Kemudian pilih ‘Kirim Permohonan Saya’.

Pasang unit iklan di YouTube

Anda akan menerima e-mail mengenai status pengajuan kurang lebih dalam waktu seminggu. Nantinya, jika pengajuan permohonan Adsense diterima, Anda akan mendapat surat pemberitahuan yang dikirim ke alamat e-mail.

Related

Tips 7691678788770306490

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item