Pelayan Ini Kembalikan Uang Rp444 Juta Milik Pelanggan yang Tertinggal

Pelayan Ini Kembalikan Uang Rp444 Juta Milik Pelanggan yang Tertinggal

Naviri Magazine - Seorang pelayan restoran Applebee di California, Amerika Serikat (AS), mengembalikan uang sejumlah USD32 ribu atau setara Rp444 juta milik pelanggan yang tertinggal di sekitar meja makan.

Jumlah tersebut hampir setara dengan gaji satu tahun seorang pelayan restoran di Negeri Paman Sam.

Meski dipuji polisi karena kejujurannya, sang pelayan yang sudah 10 tahun bekerja di Applebee menolak namanya dibuka ke publik. Dia juga menolak menerima hadiah dari pemilik uang yang tertinggal.

"Dia bilang, dia melakukan itu karena merupakan hal yang memang harus dilakukan, dan dia bilang tidak mau aksinya itu dilebih-lebihkan," kata Kepala Applebee cabang California, Carrie Hellyer, seperti dikutip Reuters.

Menurut keterangan juru bicara kepolisian Fresno, Letnan Joe Gomez, sebuah keluarga meninggalkan tas berisi Rp444 juta, yang semuanya dalam pecahan 100 dolar, di restoran Applebee di Fresno, California.

Seorang pelayan menemukannya, dan melapor ke manajer, sebelum akhirnya diambil polisi di hari yang sama. Saat keluarga pemilik uang melaporkan kasus kehilangan, mereka diminta datang ke kantor polisi.

Menggarisbawahi kejujuran sang pelayan, Hellyer mengatakan tidak ada kamera pengawas di area tempat uang itu tertinggal. Bisa saja pelayan itu mengambilnya tanpa terjerat hukum.

"Angka USD32 ribu mungkin melebihi atau mendekati gaji tahunan seorang pelayan," tutur Hellyer.

Gomez mengatakan uang itu dikembalikan ke pemiliknya, setelah seorang detektif memastikan dana itu diperoleh secara legal. Uang itu rupanya berasal dari keuntungan bisnis properti dan restoran keluarga di kota San Jose, San Francisco Bay Area.

"Ada beberapa orang yang tidak menggunakan bank. Saya rasa mereka tipe orang seperti itu," ujar Gomez.

Keluarga pemilik uang pernah mencoba menyewa kotak deposit di sebuah bank pada hari kejadian, namun sayangnya tidak ada yang kosong. Alhasil, mereka membawa uang itu kembali, dan memutuskan makan di Applebee.

Related

World's Fact 5278680440442509431

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item