Ternyata Ini Penyebab Ayam Jantan Selalu Berkokok Tiap Pagi

Ternyata Ini Penyebab Ayam Jantan Selalu Berkokok Tiap Pagi

Naviri Magazine - Seperti bisa dipastikan, ayam jantan akan berkokok sesaat menjelang subuh, atau ketika matahari belum muncul. Berdasarkan penelitian, kebiasaan berkokok di pagi hari itu berhubungan dengan jam alarm alami yang dimiliki ayam jantan.

Hampir semua hewan memiliki siklus harian yang berhubungan dengan kegiatannya, yang disebut circadian rythme (ritme sirkadian), yaitu jam biologis pada hewan, yang mengikuti siklus siang dan malam. Sebagaimana burung, ayam jantan bernyanyi atau berkokok berdasarkan siklus harian, karena mereka memiliki jam internal yang membantunya mendahului terbitnya matahari.

Ayam jantan mendahului matahari terbit, untuk mengawali berburu makanan sehari-hari, juga untuk pertahanan wilayah. Berkokok juga merupakan cara ayam jantan dalam membangun kekuasaan wilayahnya.

Ketika ayam jantan berkokok, dia mengirimkan pesan kepada ayam jantan lainnya, bahwa wilayah tempatnya sekarang adalah daerah kekuasaannya. Jika wilayah itu dilanggar, si ayam jantan akan siap bertarung.

Meski kokok di pagi hari merupakan jam internal, namun jika ada ayam jantan yang kebetulan telah berkokok lebih awal, hal itu dapat merangsang ayam jantan lain untuk juga berkokok lebih awal.

Related

Science 489610377907446255

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item